Advertisement

Dibayar untuk Dipukuli, Pria Ini Bantu Orang Hilangkan Stres dengan Jadi Samsak Tinju

Lajeng Padmaratri
Kamis, 10 Agustus 2023 - 21:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Dibayar untuk Dipukuli, Pria Ini Bantu Orang Hilangkan Stres dengan Jadi Samsak Tinju Seorang pria Turki punya pekerjaan jadi "samsak tinju", di mana dia dibayar untuk dipukuli orang yang ingin menghilangkan stres. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, ANKARA—Seorang pria Turki menjalani pekerjaan unik. Ia mencari nafkah dengan membiarkan orang memukulinya demi menghilangkan stres.

Pria bernama Hasan Riza Gunay telah menjadi “samsak tinju” sejak 2010. Ia terinspirasi dari film klasik sutradara Turki Kemal Sunal "Sark Bulbulu" (Nightingale Timur), di mana sang protagonis secara sukarela membiarkan dirinya dipukuli. 

Advertisement

Agaknya, dia merupakan “pelatih stres” pertama dan satu-satunya di Turki. Dia dibayar untuk dipukuli orang, tanpa pernah memukul balik.

BACA JUGA: Mahasiswa di Jogja Banyak yang Stres, Ini Penyebabnya

Awalnya, dia menyadari bahwa sementara beberapa orang menghilangkan stres dengan berolahraga, bermeditasi atau tidur, yang lain perlu mengeluarkan tenaga dengan berteriak, atau bahkan memukul seseorang. Jadi dia mengubah realisasinya menjadi bisnis yang tidak biasa, membiarkan dirinya dipukul oleh orang asing, demi uang.

Dia telah bekerja sebagai "pelatih stres" selama lebih dari satu dekade sekarang dan berharap untuk melatih orang lain untuk mengambil perannya sebelum dia menjadi terlalu tua untuk menerima pukulan.

“Sebagian besar klien saya menderita depresi atau serangan panik atau kewalahan karena rutinitas harian mereka. Saya ingin melatih orang lain yang berpotensi tertarik sebagai 'pelatih stres' dan menyerahkan sarung tangan saya kepada generasi baru,” ujarnya dikutip dari Oddity Central.

Pelatih stres berlisensi memiliki banyak metode untuk membantu klien menghilangkan stres. Selama sesi “terapi”, Gunay akan mengenakan topeng dari cetakan foto orang yang membuat klien kesal, dan mendorong mereka untuk bersumpah kepadanya dan melampiaskan semua rasa frustrasi mereka.

BACA JUGA: Hati-Hati! Stres Berkepanjangan Bisa Picu Anak Jadi Depresi

Pukulan itu bisa menjadi sangat keras, tetapi Hasan Riza Gunay tidak pernah tersinggung. Dia selalu menganggap sesi penghilang stresnya sebagai adegan dalam film, dengan dia dan orang yang memukulnya sebagai protagonis. Jadi dia tidak pernah tersinggung karena dipukul atau dicaci maki.

70% klien Gunay merupakan wanita, yang kekuatannya setara dengan anak laki-laki berusia 12 hingga 14 tahun, jadi dia tidak terlalu khawatir akan terluka. Terlebih lagi, dia hampir selalu memakai alat pelindung dan berolahraga secara teratur untuk tetap bugar.

Gunay mendedikasikan sekitar 10 hingga 15 menit per sesi dan hanya menerima hingga empat klien per hari. Dia juga menyukai orang-orang yang tertarik dengan jasanya, karena dia tidak membiarkan sembarang orang memukulnya. Jika dia tidak merasa seseorang memiliki alasan yang cukup baik untuk berada di sana, atau jika mereka ada di dalamnya untuk bersenang-senang, dia tidak akan menerimanya. Dia meyakinkan kliennya bahwa dia merupakan pelatih stres, bukan penghibur.

Gunay membuat semua kliennya menandatangani dokumen yang menyatakan bahwa dia melakukan ini secara sukarela sehingga pelanggan dapat menghilangkan stres, tanpa tambahan stres akibat konsekuensi hukum, jika terjadi cedera fisik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

12 Pesawat Tempur China Terbang Rendah di Wilayah Taiwan

News
| Sabtu, 27 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement