Advertisement

Mengikat atau Menjepit Rambut, Mana yang Lebih Baik?

Tri Indah Lestari (ST22)
Selasa, 11 Juli 2023 - 12:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mengikat atau Menjepit Rambut, Mana yang Lebih Baik? Mengucir atau mengikat rambut - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Rambut yang panjang seringkali mengganggu aktivitas harian jika tidak diikat maupun dijepit menggunakan jedai (jepitan badai). Rambut biasanya akan diikat atau dijepit asal-asalan selama tidak mengganggu aktivitas lagi.

Kebiasaan mengikat atau menjepit rambut yang salah dapat memicu rambut rusak, salah satunya rambut jadi lebih mudah rontok. Hal ini dapat terjadi jika mengikat rambut terlalu kencang yang melemahkan rambut di akarnya. Akibatnya selain rontok, rambut pun menipis, patah, atau garis rambut mundur.

Advertisement

Lantas, mana yang lebih baik mengikat atau menjepit rambut? Keduanya sama-sama baik selama tidak memutar atau menarik rambut terlalu kencang dan mengakibatkan rambut kesulitan bernapas serta melakukan regenerasi.

Pastikan untuk tidak menguncir rambut basah atau berkeringat. Elastisitas rambut yang basah lebih tinggi, sehingga jika dikuncir atau dijepit akan menambah tegangan dan dampaknya rambut menjadi patah.

Baca juga: Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Disdikpora DIY Melarang Perpeloncoan

Selalu sisir rambut terlebih dahulu sebelum dikuncir, sebab kerap kali seseorang menguncir rambut karena malas menyisir atau khawatir tampak tidak rapi. Padahal menguncir atau menjepitnya, justru membuat rambut lebih mudah kusut.

Jika ingin menggunakan ikat rambut pilihlah bahan kain yang lembut seperti sutra atau tidak membuat rambut terlalu ketarik saat memakainya serta ikat secara longgar.

Sementara untuk pemilik rambut tipis lebih disarankan untuk menggunakan jedai, dengan gigi berjarak agak lebar, daripada mengikat rambut guna mengurangi tekanan pada rambut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement