Advertisement

4 Cara Merawat Sepeda Listrik Agar Awet dan Tahan Lama

Hadistia Leovita Subakti
Kamis, 22 Juni 2023 - 19:07 WIB
Maya Herawati
4 Cara Merawat Sepeda Listrik Agar Awet dan Tahan Lama Sepeda listrik - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebagai pengguna sepeda listrik, tentunya Anda menginginkan sepeda listrik bertahan lama. Dalam hal ini, perawatan yang rutin berperan penting untuk memperpanjang usia sepeda listrik Anda, terutama bagi Anda yang rutin mengendarai sepeda listrik untuk aktivitas sehari-hari.

Berikut adalah empat langkah untuk merawat sepeda listrik Anda agar tidak mudah rusak sesuai dilansir pedegoelectricbikes:

Advertisement

  1. Pastikan Sepeda Listrik Selalu Bersih

Hal yang paling mudah dilakukan untuk menjaga sepeda listrik Anda adalah memastikan kondisi sepeda listrik selalu dalam kondisi yang bersih. Ketika sepeda listrik sudah mulai kotor, segera bersihkan menggunakan kain yang lembab.

Hal tersebut akan membantu membersihkan kotoran yang akan merusak sepeda listrik Anda. Kemudian, jika sepeda listrik Anda basah, pastikan untuk segera mengeringkannya menggunakan kain yang bersih. Selain itu, pastikan memberi pelumas secara rutin guna melancarkan sepeda listrik saat digunakan.

  1. Hindarkan Sepeda Listrik dari Kelembapan

Kelembapan dapat menyebabkan sepeda listrik cepat berkarat dan rusak. Untuk itu, lindungi sepeda listrik Anda dari hujan atau salju. Jika Anda ingin meletakkan sepeda listrik di luar rumah pastikan diberi penutup yang terhindar dari curah hujan.

BACA JUGA: Tak Kantongi Izin Penggunaan Tanah Kas Desa, Maguwoharjo Football Park Ditutup

  1. Pastikan Mengisi Baterai

Baterai adalah salah satu komponen paling penting pada sepeda listrik. Dengan demikian, isi daya baterai di ruangan yang kering agar sepeda listrik tetap berfungsi.

Hindari membiarkan baterai terisi atau kosong dalam jangka waktu yang lama, hal ini akan mempercepat kerusakan pada sepeda listrik Anda. Selain itu, cuaca panas dan dingin bisa menyebabkan kerusakan pada baterai, hindari menyimpan sepeda listrik di bawah sinar matahari. Pastikan menggunakan pengisi daya yang benar untuk menghindari kerusakan pada baterai.

  1. Merawat Ban Sepeda Listrik

Memeriksa tekanan ban secara teratur sangat penting untuk mencegah kerusakan pada ban dan memastikan Anda agar lebih nyaman ketika mengendarai sepeda listrik. Tekanan ban yang optimal juga dapat memperkuat ban dan menghindari ban agar tidak tergelincir. Pastikan tekanan dalam ban Anda sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan dan periksa secara rutin jika ada tanda-tanda kerusakan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : pedegoelectricbikes

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement