Advertisement

4 Cara Alami Memanjangkan dan Menebalkan Bulu Mata

Tri Indah Lestari (ST22)
Jum'at, 16 Juni 2023 - 13:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
4 Cara Alami Memanjangkan dan Menebalkan Bulu Mata Bulu mata - freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mata dapat memberikan daya tarik tersendiri, baik dengan pulasan make up maupun tidak. Terutama bulu mata.

Selain berfungsi melindungi mata dari debu serta menyaring cahaya yang masuk ke mata, bulu mata juga dapat mempertegas dan mempercantik penampilan.

Advertisement

Tidak heran sebagian wanita sampai rela melakukan extension bulu mata maupun lash lift untuk mendapatkan tampilan bulu mata yang lentik, tebal, dan panjang. Ada pula cara alami yang bisa kamu lakukan dan pastinya murah meriah.

Perlu dicatat untuk mendapat hasil yang maksimal kamu mesti melakukannya secara rutin. Berikut beberapa cara alami untuk memanjangkan dan menebalkan bulu mata:

1. Menyisir bulu mata

Membersihkan mata dengan sabun pencuci wajah saja belum cukup untuk menghilangkan debu dan kotoran di bulu mata. Perlu pula untuk menyisir bulu mata untuk menghempaskan segala debu dan kotoran sekaligus memperlancar sirkulasi darah ke akar rambut, yang hasilnya dapat memicu pertumbuhan bulu mata.

Baca juga: Jajal Pesona Gunung Ireng Gunungkidul, Spotnya Melamun di Atas Bukit

Cukup sederhana kamu tinggal menyisir bulu mata dengan sikat khusus atau kuas maskara bersih setidaknya dua kali sehari.

2. Memijat area mata

Sama halnya dengan memijat kulit kepala untuk meningkatkan sirkulasi yang membantu meningkatkan panjang dan ketebalan rambut, memijat area mata atau kelopak mata dapat memberi hasil yang sama.

Salah satu caranya, gunakan ibu jari lalu tekan perlahan pada bagian atas sudut dalam mata yang tertutup atau tepat pada lipatan kelopak mata dimulai. Pijat perlahan lalu lepaskan dan ulangi setidaknya lima kali.

3. Gunakan ekstrak minyak tumbuhan

Minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak biji jarak atau castor oil meski belum terbukti secara ilmiah namun sering digunakan untuk melembabkan folikel rambut serta merangsang pertumbuhan bulu mata. Selain itu kamu juga dapat menggunakan petroleum jelly yang cara kerjanya hampir serupa dengan ekstrak minyak tumbuhan lainnya.

Saat mengaplikasikan minyak pada bulu mata pastikan agar tidak mengenai mata, bisa dibantu dengan menggunakan sikat maskara bersih. Lakukan rutinitas ini setiap malam sebelum tidur, lalu bilas dengan air di keesokan hari dan lakukan setidaknya tiga kali dalam seminggu.

4. Kompres mata dengan handuk hangat dan dingin

Mengompres mata dengan handuk hangat dan dingin secara bergantian masing-masing sekitar lima menit dalam sekali atau dua kali seminggu, dapat merelaksasi serta merangsang saraf dan otot di sekitar area mata. Cara ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, bonusnya cara ini juga mampu mengurangi tanda-tanda kerutan pada area mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sidang Eks Menteri Pertanian SYL, KPK Bawa 4 Saksi dari Kementan

News
| Senin, 06 Mei 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement