Advertisement

Ada Buah Melon Mini yang Bisa Masuk Saku, Wanginya Seperti Parfum

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 02 Juni 2023 - 17:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Ada Buah Melon Mini yang Bisa Masuk Saku, Wanginya Seperti Parfum Melon saku Queen Anne, buah unik yang ukurannya mini dan wanginya seperti parfum. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Melon saku Queen Anne menjadi salah satu buah unik. Pasalnya, ukurannya mini sehingga bisa muat dimasukkan ke saku baju dan wanginya seperti parfum.

Melansir tastingtable.com, melon saku Queen Anne konon diberi nama seperti Ratu Anne dari Inggris. Buahnya menyebar dari Timur Tengah ke Portugal, ke Inggris pada abad ke-18, dan dari sana ke Amerika Serikat.

Advertisement

Buah berdaging ini ternyata telah lama digunakan untuk mengharumkan rumah selama beberapa generasi. Bahkan, penjual buah sering memasukkan melon saku Queen Anne ke peti buah yang lain untuk menutupi bau buah yang sudah busuk.

Ukuran buah unik ini kira-kira sebesar bola tenis, bentuknya bulat dengan tekstur yang halus seperti beludru. Kulit mereka berbintik-bintik dengan garis-garis. Saat buahnya muda, garis-garisnya berwarna hijau. Melon saku yang belum matang bisa disalahartikan sebagai semangka, tetapi garis-garisnya berubah menjadi oranye seiring bertambahnya usia. Jika Anda memotong satu, Anda akan menemukan daging tebal.

Meskipun melon saku Queen Anne dapat dimakan, mereka lebih sering ditanam karena aromanya yang luar biasa. Selain aroma melon yang kuat, ada juga aroma melati atau nanas yang berpadu di buah ini. Bagi sebagian orang, aromanya luar biasa. Ini bisa mengingatkan dengan indole, senyawa organik yang sering digunakan dalam parfum. 

Sementara melon saku Queen Anne terkenal karena aromanya, buahnya juga bisa dimakan. Namun, bagaimanapun juga, rasanya tidak ada artinya jika dibandingkan dengan aromanya yang menenangkan. Rasanya sering disamakan dengan mentimun ringan dengan tekstur lembut seperti spons.

Jika tertarik mencoba, Anda harus berusaha keras. Pasalnya, melon saku ini sulit didapatkan karena penanam tidak banyak yang mau membudidayakannya karena rasanya yang tidak menarik. Bahkan, di Amerika Serikat yang menjadi wilayah populer buah unik ini pun sulit ditemukan di toko buah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement