Advertisement

Kendalikan Tekanan Darah dengan Mengonsumsi Jamur!

Tri Indah Lestari (ST22)
Selasa, 30 Mei 2023 - 19:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kendalikan Tekanan Darah dengan Mengonsumsi Jamur! Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Phytotherapy Research mempublikasikan hasil riset yang menemukan bahwa para penderita hipertensi dapat mengonsumsi jamur untuk membantu mengendalikan tekanan darah.

Melansir dari Medical Daily peneliti menemukan senyawa bioaktif seperti cordycepin, lovastatin, eritadenine, dan ergosterol yang terkandung dalam jamur memiliki kemiripan dengan adenosine yakni zat yang mampu menurunkan tekanan darah. Dimana kemiripan senyawa tersebut ialah kemampuan memengaruhi fungsi kardiovaskular dengan memengaruhi ekspresi gen.

Advertisement

Sebelumnya sebuah studi telah menunjukkan bahwa jamur termasuk panganan yang berkhasiat baik dalam diet jantung sehat berkat sejumlah kandungan seperti protein, sterol, vitamin, mineral, serat, asam amino, serta potassium yang mampu membantu mengendalikan tekanan darah.

Baca juga: Kenali 5 Tahap Kesedihan dari Marah hingga Depresi

Dana Ellis Hunnes, pakar gizi dari UCLA Medical Center yang terlibat dalam riset tersebut mengatakan bahwa kandungan gizi serta senyawa bioaktif pada jamur dapat memengaruhi metabolisme dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

"Nutrisi dan senyawa bioaktif seperti potassium berperan dalam metabolisme sel, sirkulasi mikronutrien pada tingkat tertentu yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah," kata Dana.

Tak perlu khawatir, diet sayur-sayuran memiliki khasiat serupa yang bisa didapatkan bagi seseorang yang memiliki alergi terhadap jamur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Rumah Terendam Akibat Luapan Sungai Cibeureum

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement