Advertisement

Meditasi Membantu Kesehatan Usus

Sirojul Khafid
Sabtu, 20 Mei 2023 - 22:27 WIB
Maya Herawati
Meditasi Membantu Kesehatan Usus Meditasi / Ilustrasi / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ada hubungan antara usus dan otak. Meditasi, yang menjadi salah cara menjaga kesehatan usus, bisa berdampak baik pada tubuh.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Shanghai Mental Health Center dan diterbitkan oleh British Medical Association, memperlihatkan apabila biksu Buddha yang bermeditasi memiliki mikrobioma usus yang lebih sehat dan metabolisme yang lebih efektif daripada non-meditator.

Advertisement

Para peneliti mengumpulkan sampel tinja dan darah dari biksu Tibet yang mempraktikkan bentuk meditasi kuno. Sampel biksu untuk yang sudah menjalankan meditasi antara tiga dan 30 tahun. Hasil penelitian juga memperlihatkan apabila meditasi meningkatan fungsi kekebalan dan penurunan risiko kecemasan serta depresi.

Pada 2022, sebuah penelitian di Massachusetts menunjukkan bahwa subjek dengan diagnosis IBS (sindrom iritasi usus) atau IBD (penyakit radang usus) yang mengikuti kursus meditasi dan yoga juga melaporkan penurunan gejala penyakit mereka.

Usus manusia mengandung triliunan mikroorganisme yang saling berinteraksi, seperti bakteri, jamur, sel archaea (mirip dengan bakteri), dan hal-hal buruk seperti virus. Idealnya, setiap tubuh memiliki microbiome yang seimbang dan sehat agar segala sesuatunya berjalan dengan baik. Susunannya adalah kombinasi dari warisan genetik dan pengaruh lingkungan. Lingkungan punya peranan dalam membentuk mikrobioma.

BACA JUGA: Pembeli Hunian di Tanah Kas Desa: Saya Ingin Sowan ke Gubernur DIY

Ada yang berpendapat apabila usus, atau lebih tepatnya sistem saraf enterik yang mengatur usus merupakan otak kedua dalam tubuh. Saat seseorang kaget atau cemas akan suatu hal, badan bisa menyugestikan untuk muntah. Lucie Hayter mendirikan The Gut Feeling, sebuah tim psikolog, ahli saraf, dan ahli gizi, untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan optimal melalui kesehatan usus mereka.

“Otak dan nyali kita berbicara satu sama lain sepanjang hari. Saat usus kita memanas, ia mengirimkan sinyal kembali ke otak, dan ketika otak kita stres dan cemas, ia mengirimkan sinyal kembali ke usus. Hal ini menyebabkan perkembangan atau memburuknya kembung, sembelit, diare, atau sakit perut,” katanya.

Psikolog yang fokus pada sumbu usus-otak, Alexa Duff, mengatakan apabila kesehatan usus terdampak dari banyak hal. Tidak hanya perkara makanan yang masuk ke dalam tubuh. “Kesehatan usus jauh lebih luas daripada apa yang Anda makan, [tapi terpengaruh juga oleh pola] tidur, keseimbangan kehidupan kerja, olahraga, berada di alam, dan waktu bersama orang yang dicintai. Ini adalah langkah pertama yang paling penting,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement