Advertisement

Kenali Bahaya Menggunakan Tabir Surya Kedaluwarsa

Tri Indah Lestari (ST22)
Selasa, 16 Mei 2023 - 05:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kenali Bahaya Menggunakan Tabir Surya Kedaluwarsa Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sunburn atau iritasi pada kulit akibat paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari yang berlebihan dapat terjadi ketika seseorang menggunakan tabir surya kedaluwarsa. Menurut Skin Cancer Foundation, bila digunakan secara berkala kondisi ini membuat penuaan kulit lebih dini bahkan meningkatkan risiko kanker kulit.

"Setelah tabir surya kedaluwarsa, maka benda ini kehilangan kemanjurannya dan tidak akan memberi perlindungan," kata pakar dermatologi di Westlake Dermatology, Houston, Texas, Neil Farnsworth, MD seperti disiarkan Livestrong yang dikutip dari Antara, Senin (15/5/2023).

Advertisement

Melansir dari Cleveland Clinic, dampak ini kemungkinan besar akibat kandungan bahan seperti avobenzone atau octinoxate, yang dapat terurai dengan cepat pada tabir surya. Bahkan dapat pula mengoksidasi atau menampung bakteri yang berpotensi memicu reaksi alergi, ruam maupun jerawat.

Baca juga: Resep Omelet Makaroni untuk Sarapan Sehat Anak

Memastikan tanggal kedaluwarsa ialah cara termudah mengetahui masa pakai produk. Namun jika tidak ada maka amatilah sejumlah tanda produk telah melewati masa pakai antara lain tampak berair, kering atau berpasir, warnanya dan baunya berubah.

Biasanya tabir surya dapat digunakan hingga tiga tahun setelah tabir surya diproduksi atau sesuai dengan masa pakai yang tercantum pada botol atau tabung tabir surya. Jika tidak ada maka dianjurkan untuk menuliskan tanggal pada setelah membelinya.

Selain memastikan tidak kedaluwarsa, pastikan pula tabir surya disimpan dari paparan sinar matahari langsung dan saat berada di luar sebaiknya simpan tabir surya di tempat teduh atau bungkus dengan handuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Parah! Tenda Jemaah Haji Mirip Barak Pengungsian, Luas 112 Meter untuk Tidur 160 Orang

News
| Jum'at, 21 Juni 2024, 03:27 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja, Pasar Beringharjo Gudangnya Makanan Legendaris

Wisata
| Selasa, 18 Juni 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement