Advertisement

Periksa Tubuh Sendiri untuk Mengetahui Tanda Kanker Kulit

Tri Indah Lestari (ST22)
Rabu, 26 April 2023 - 17:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Periksa Tubuh Sendiri untuk Mengetahui Tanda Kanker Kulit Ilustrasi penyintas kanker - Reuters - Jim Bourg

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mengenali tanda-tanda awal kanker kulit ternyata bisa kita lakukan sendiri.

Nandini Kulkarni selaku Direktur Medis Onkologi Bedah Inspira Health di Vineland, New Jersey, Amerika Serikat (AS) membagikan beberapa kiat tentang apa yang harus dicari untuk mengidentifikasi tanda-tandanya.

Advertisement

Sama halnya dengan jenis kanker lain kanker kulit pun berbahaya jika tidak segera ditangani dan tidak berakibat fatal. Hal paling mudah yang disarankan dokter ialah memeriksa tubuh secara menyeluruh sedikitnya sebulan sekali untuk mengetahui kondisinya lebih awal.

"Dengan melakukan pemeriksaan kulit secara teratur, seseorang akan terbiasa dengan pola tahi lalat, noda, bintik-bintik dan tanda lainnya pada kulit,” ungkapnya mengutip dari Medicaldaily.

Baca juga: Sinar UV Ekstrem Serang Jogja Hari Ini

Kebiasaan memeriksa kulit di seluruh bagian tubuh akan mempermudah diri untuk menyadari jika terdapat perubahan yang janggal. Sehingga ketika menemui perubahan itu segeralah konsultasikan ke dokter kulit.

Ahli bedah asal AS in mengungkapkan tanda-tandanya dapat terlihat dari perubahan tahi lalat, luka yang tidak lekas sembuh, atau pertumbuhan baru bisa menjadi tanda peringatan kanker kulit.

Secara rinci Kulkarni menambahkan hal-hal yang mesti diperhatikan saat memeriksa tubuh yakni asimetri, perbatasan (tidak beraturan, terangkat), warna (misal perubahan warna tahi lalat), diameter (lebih besar dari penghapus pensil), dan perubahan yang berkembang.

Mandi disebut Kulkarni sebagai waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan diri, pastikan ruangan memiliki penerangan yang baik serta terdapat cermin ukuran penuh dan cermin tangan agar mempermudah melihat perubahannya.

Peluang untuk sembuh total dan cepat semakin meningkat ketika kanker kulit ditangani dan diobati sedini mungkin sebelum mulai menyebar.

Baca juga: Hasil Survei, Pantai Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan saat Lebaran

Karena itu, Kulkarni merekomendasikan untuk memeriksa bahkan area yang kurang jelas seperti wajah, lengan, kaki, hingga bagian samping tubuh.

Sebab kanker kulit dapat pula bersembunyi di telapak kaki, kulit kepala, hingga sela-sela jari sekalipun dan jika kesulitan melihat bagian yang sulit dilihat, cobalah untuk meminta bantuan seseorang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Tahan Pengunjuk Rasa Pro Palestina di Washington

News
| Kamis, 25 Juli 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

7 Lokasi Geopark Jogja di Wilayah Sleman, Rasakan Keindahannya

Wisata
| Selasa, 23 Juli 2024, 08:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement