Advertisement

Ngefans Berat dengan The Dark Knight, Pria Ini Bikin Sendiri Motor Batman Bertenaga Listrik

Lajeng Padmaratri
Rabu, 26 April 2023 - 21:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Ngefans Berat dengan The Dark Knight, Pria Ini Bikin Sendiri Motor Batman Bertenaga Listrik Seorang penggemar Batman menciptakan kendaraan superhero Batmobile dan Batpod. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, HANOI—Seorang penggemar berat film Batman “The Dark Knight” membuat sendiri kendaraan ala superhero populer itu, yaitu Batmobile dan Batpod. Kendaraan itu bahkan ramah lingkungan karena bertenaga listrik.

Melansir Oddity Central, pemuda Vietnam bernama Nguyen Dac Chung yang membuat kendaraan itu mengaku telah menggemari film karya Christopher Nolan itu sejak kecil. Ia bahkan tumbuh dengan mimpi suatu hari nanti bisa mengendarai Batmobile dan Batpod miliknya sendiri untuk berjalan-jalan di Hanoi, Vietnam.

Advertisement

Ia merealisasikan mimpi itu pada 2020 dengan mulai membuat Tumbler Batmobile. Ia membuat Batmobile buatan sendiri ditenagai oleh mesin empat silinder 400 cc dan dapat mencapai kecepatan tertinggi 100 km/jam. Sistem suspensi terdiri dari 4 peredam kejut depan dan 2 peredam kejut belakang, serta spoiler mobil dapat disetel melalui sistem pneumatik.

Baru-baru ini, Chung meluncurkan Batpod karyanya sendiri setelah menghabiskan enam bulan merakitnya dengan bantuan sekelompok teman. Alumnus Universitas Arsitektur Hanoi itu menghabiskan satu tahun penuh mengumpulkan gambar kendaraan roda dua ikonik Batman dan bertukar pikiran dengan sekelompok teman.

Batpod buatan sendiri itu memiliki panjang 3 meter, lebar 80 cm, tinggi 90 cm dan berat 250 kg. Itu sebagian besar terbuat dari besi, dengan sasis baja, dan sandaran tangan serta senjata plastik. Batpod itu didukung oleh mesin listrik yang mampu mendorongnya hingga kecepatan tertinggi 30 km/jam. Itu lebih dari cukup untuk Chung, karena kecepatan tidak pernah menjadi prioritas baginya.

“Secara keseluruhan, kendaraan ini didesain 95% mirip dengan model di filmnya. Fitur unik dari Batpod ini adalah kemampuannya untuk menyeimbangkan diri tanpa stand atau support point. Selain itu, saat mengemudikan Batpod, pengemudi harus hampir dalam posisi berbaring sejajar dengan badan kendaraan,” kata dia.

Tim menghadapi sejumlah tantangan saat merancang dan membangun Batpod, mulai dari sumber beberapa suku cadang penting dari luar Vietnam hingga penerapan sistem kemudi dan perkabelan dengan cara yang mengutamakan estetika. Chung memperkirakan bahwa seluruh proyek menelan biaya sekitar 200 juta dong (Rp128 juta).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement