Advertisement

Tips Aman Terhindar dari Begal Payudara dan Klitih

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 26 April 2023 - 19:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tips Aman Terhindar dari Begal Payudara dan Klitih Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Aksi begal payudara masih menjadi momok bagi para wanita. Baru-baru saja aksi tersebut terjadi di Babarsari Sleman.

Dari kasus-kasus yang pernah terjadi di Jogja, pelaku begal payudara tidak hanya melancarkan aksinya di jalanan sepi tetapi juga di jalanan besar yang ramai.

Advertisement

BACA JUGA:  Simak! Ini Barang Paling Laris saat Ramadan-Lebaran versi Tokopedia

Aksi kriminal seperti ini dapat dialami siapa saja. Bahkan tidak hanya begal payudara, begal dengan senjata tajam seperti klitih juga bisa terjadi dimanapun dan kapanpun. 

Untuk menghindari tindak kriminal tersebut, berikut ini tips terhindar dari aksi begal di jalanan dilansir dari astramotor.id:

1. Pilih jalan yang dikuasai dan ramai 

Para pelaku begal atau perampokan seringkali melancarkan aksinya di jalanan yang sepi dan minim pencahayaan. Hal ini mereka lakukan guna menghindari keramaian penduduk agar aksinya tak terlihat orang dan peluang keberhasilan mereka jauh lebih besar. Namun ada pula aksi begal di jalan besar, namun di waktu yang sepi orang seperti dini hari.

Baca juga: Viral Wanita Jadi Korban Begal Payudara di Babarsari Sleman, Ini Videonya

Nah, jika Anda terpaksa harus berkendara di malam hari dan melewati jalanan yang sepi, ebaiknya carilah opsional jalan lain yang Anda kuasai dan sering dilewati. Terlebih jika jalan tersebut ramai dan dilewati banyak orang.

2. Mengajak teman

Anda bisa mengajak seorang teman untuk dibonceng di jok bagian belakang. Dengan membawa teman berkendara bersama Anda, peluang terjadinya perampokan atau pembegalan tentunya akan lebih kecil. Sebab, biasanya para pelaku kejahatan hanya mengincar pengendara yang berkendara sendiri karena dianggap lebih lemah dan bisa diintimidasi.

3. Bawa alat pelindung

Tak ada salahnya jika Anda melakukan perlawanan saat mengalami hal-hal tak terduga seperti dirampok. Tidak harus membawa benda tajam atau senjata api, Anda bisa menggunakan alat-alat sederhana seperti semprotan cabe atau merica.

Alat tersebut bisa Anda taruh dalam saku jaket yang mudah diraih kemudian arahkan ke mata para pelaku kejahatan secepat mungkin. Saat mereka sibuk dengan matanya yang perih, Anda pun bisa memanfaatkan waktunya untuk kabur.

Selain itu, Anda juga bisa membekali diri dengan setrum kejut yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko-toko online. Alat ini bekerja dengan memberikan aliran listrik ke pelaku kejahatan tersebut agar mereka kaget dan tak sadarkan diri.

4. Lengkapi peralatan berkendara

Helm, jaket, sarung tangan dan sepatu merupakan beberapa perlengkapan berkendara yang wajib Anda gunakan agar tetap aman. Selain dapat menghindarkan Anda dari risiko luka ringan misal terjadi kecelakaan, perlengkapan ini juga akan melindungi diri Anda ketika bertemu pelaku begal.

Gunakanlah helm yang berstandar SNI karena sudah dapat dipastikan aman dalam melindungi kepala Anda dari hantaman benda tumpul ataupun benda tajam. Selain itu, jaket yang tebal juga dapat mengurangi terjadinya luka apabila pelaku kejahatan nekad menusukkan pisau ke tubuh Anda.

5. Periksa kondisi motor

Terakhir, Anda bisa memeriksa kondisi setiap komponen pada motor untuk memastikan bahwa semuanya dalam kondisi prima. Hal ini penting untuk dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan selama di jalan. Sebut saja motor yang tiba-tiba mogok atau kehabisan bensin. Anda tentu tak mau mengalaminya bukan? Terlebih jika peristiwa tersebut terjadi di jalanan yang sepi dan jauh dari pemukiman penduduk. 

Itulah tips agar kamu terhindar dari aksi begal. Dan bagi kamu kaum perempuan, sebaiknya jangan memakai baju seksi saat berkendara sendirian di malam hari. Hal itu bisa mengundang aksi begal payudara. 

Tetap waspada dan hati-hati di jalan ya, Girls. 

BACA JUGA:  Laptop Harga 6 Jutaan Terbaik, Mulai Axioo Mybook Hingga Acer Aspire

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Alasan Jokowi Tak Restui Gibran Jadi Cawapres: Belum Cukup Umur

News
| Senin, 29 Mei 2023, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Ada Tenda Terapung untuk Pengalaman Berkemah yang Berbeda, Mau Coba?

Wisata
| Senin, 29 Mei 2023, 15:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement