Advertisement

30 Maret Hari Film Nasional, Ini 5 Film Ikonik Versi Remake yang Bisa Kamu Tonton

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 30 Maret 2023 - 09:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
30 Maret Hari Film Nasional, Ini 5 Film Ikonik Versi Remake yang Bisa Kamu Tonton Poster Pengabdi Setan 2 / Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTATanggal 30 Maret atau yang jatuh hari ini diperingati sebagai Hari Film Nasional (HPN). 

Dihimpun dari berbagai sumber, pemilihan 30 Maret sebagai HFN berawal dari hari pertama pengambilan gambar sebuah film berjudul Darah dan Doa atau The Long March of Siliwangi yang disutradarai oleh Usmar Ismail pada 30 Maret 1950.

Advertisement

Seiring berjalannya waktu, dunia perfilman Tanah Air semakin berkembang. Banyak film diproduksi dari berbagai genre.

Beberapa karya film ikonik dengan cerita dan karakter yang dicintai oleh penonton Indonesia pada masanya kini telah dibuat kembali (remake) dengan menyesuaikan kondisi masa kini.

Baca juga: Besaran Kerugian Indonesia Usai Batal Gelar Piala Dunia U-20

Anda dapat menyaksikan sederet film-film ikonik itu yang sudah dibuat versi remake untuk merayakan Hari Film Nasional (HFN) yang diperingati hari ini. Film-film tersebut di antaranya ditayangkan di platform Disney+ Hotstar. Berikut rekomendasi lima film tersebut sebagaimana dikutip dari Antara.

1. Galih & Ratna (2017)

Karakter sepasang kekasih Galih dan Ratna hadir sejak 1979 melalui film "Gita Cinta dari SMA" yang dibintangi oleh Rano Karno dan Yessy Gusman. Pada 2017, cerita romansa ikonik itu kemudian dibuat ulang dengan judul "Galih & Ratna".

Film versi remake menghadirkan Refal Hady yang memerankan karakter Galih dan Sheryl Sheinafia yang memerankan karakter Ratna. Versi remake ini juga merebut perhatian penonton di era modern dan berhasil mendapatkan penghargaan Festival Film Bandung untuk kategori sutradara terpuji.

2. Warkop DKI Reborn (2016-2020)

Komedian legendaris Dono, Kasino, dan Indro membintangi film pertama mereka berjudul "Mana Tahan" pada 1979. Karya komedi mereka pun berlanjut ke siaran televisi dan menjadi tontonan komedi favorit.

Bertahun-tahun setelahnya, Abimana Aryasatya, Vino G. Bastian, dan Tora Sudiro pun memerankan karakter trio komedian itu melalui "Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1" pada 2016 dan "Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2" pada 2017.

Petualangan komedi mereka kembali berlanjut di "Warkop DKI Reborn 3" (2019) dan “Warkop DKI Reborn 4" (2020), dibintangi oleh Aliando Syarief, Adipati Dolken, dan Randy Danistha.

3. Pengabdi Setan 2: Communion (2022)

Judul "Pengabdi Setan" menjadi film horor yang populer pada 1980. Film ini dianggap sebagai salah satu film horor paling seram di perfilman Indonesia hingga akhirnya dibuat versi remake pada 2017 dengan kisah baru dan menghadirkan sosok hantu ikonik "Ibu".

Setelah film pertama dirilis pada 2017, sutradara Joko Anwar pun melanjutkan kisah horor keluarga Rini yang masih dihantui oleh Ibu melalui "Pengabdi Setan 2: Communion" pada 2022.

4. Jailangkung: Sandekala (2022)

"Jelangkung" dikenal sebagai salah satu film horor terpopuler pada 2001. Selang 16 tahun, Rizal Mantovani dan Jose Poernomo kembali merilis film dengan judul serupa pada 2017.

Film berlanjut ke "Jailangkung 2" pada 2018 dan dibuat versi reboot oleh Kimo Stamboel berjudul "Jailangkung: Sandekala" pada 2022.

5. Keluarga Cemara The Series (2022)

"Keluarga Cemara" merupakan sinetron ikonik pada 1996. Kisah ini akhirnya dikembangkan menjadi sebuah film dengan judul sama pada 2018 dan sekuelnya "Keluarga Cemara 2" pada 2022.

Cerita keluarga ini juga dikembangkan menjadi sebuah serial berjudul "Keluarga Cemara The Series". Dalam versi serial, dihadirkan karakter yang sama dengan perspektif kisah baru tentang persahabatan Euis bersama Geng Kampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Sebut Korban Pelecehan di Ponpes Sekotong 4 Santriwati

News
| Kamis, 30 Mei 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement