Advertisement

Perbedaan Eau de Toilette & Eau de Parfum Serta Trik Jaga Wewangian Tetap Awet

Bernadheta Dian Saraswati, Tri Indah Lestari
Rabu, 29 Maret 2023 - 10:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Perbedaan Eau de Toilette & Eau de Parfum Serta Trik Jaga Wewangian Tetap Awet Parfum aroma kopi khas Lereng Kelir. - Instagram @wisatalerengkelir

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Eau de toilette (EDT) dan eau de parfum (EDP), keduanya memiliki perbedaan konsentrasi sehingga intensitas wanginya pun berbeda saat disemprotkan ke tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber perbedaan keduanya terletak pada kadar essential oil yang terkandung dalam setiap wewangian. EDP adalah jenis wewangian yang lebih kuat daripada eau de toilette karena konsentrasi minyaknya lebih tinggi, yaitu sekitar 15-20%.

Advertisement

EDP adalah jenis wewangian untuk tubuh yang paling umum atau paling sering ditemukan di pasaran. Harganya bervariasi, ada yang terjangkau dan bisa dibilang murah hingga ada beberapa merek yang mebanderol wewangian EDP dengan harga yang mahal.

Sementara EDT adalah pewangi tubuh yang memiliki aroma lebih ringan daripada eau de parfum (EDP). Jenis-jenis aroma EDT biasanya menyegarkan dan memberi kesan ceria sehingga sangat cocok untuk dipakai setiap hari. Kadar alkoholnya lebih tinggi dibandingkan kadar minyaknya. Konsentrasi minyak dalam wewangian ini berkisar 5%-15% saja.

Baca juga: Ribut-ribut Piala Dunia U-20 Batal, Jokowi Utus Erick Thohir Temui FIFA

Merek produk kecantikan asal Swedia Oriflame melalui siaran pers, Selasa (28/3/2023) menjelaskan eau de parfum memiliki konsentrasi yang lebih tinggi dibandingkan eau de toilette sehingga wewangian dapat menempel lebih intens pada tubuh.

Eau de toilette ialah pilihan yang tepat bila pengguna menginginkan wewangian yang dapat secara instan memberikan kesegaran tanpa memberikan kesan terlalu pekat.

Agar aroma eau de toilette tahan lama di tubuh, Oriflame, yang baru merilis OH! SWEET Dulce de Leche Eau de Toilette beraroma manis dengan top note Peach Candy, heart note Rose Jelly dan base note Dulce de Leche, membagikan lima cara yang bisa diterapkan.

Baca juga: Bea Cukai Minta Pedagang Awul-Awul Beralih Menjual Produk UMKM

1. Semprotkan setelah mandi

Sebelum menyemprotkan parfum sesaat setelah mandi pastikan untuk mengeringkan tubuh dengan sempurna, baru kemudian semprotkan eau de toilette langsung pada badan. Kondisi tubuh yang sudah bersih serta lembap menjaga intensitas wewangian sehingga aromanya bertahan lebih lama.

2. Oleskan body butter atau losion sebelum menyemprotkan wewangian

Wewangian pada tubuh lebih cepat menguap serta tidak terkunci di titik-titik semprotan ketika badan tidak terhidrasi dengan baik. Sebaiknya gunakan body butter atau losion terlebih dahulu agar wewangian dapat terkunci dengan baik di tubuh dengan kondisi yang lembab.

3. Semprotkan pada titik nadi

Sejumlah titik di tubuh memiliki temperatur lebih hangat dari yang lainnya seperti belakang telinga, leher dan tulang selangka, pergelangan tangan, belakang siku dan belakang lutut. Titik-titik hangat lebih mampu menonjolkan wewangian yang disemprotkan agar tercium lebih dominan bagi si pemakai.

4. Jangan digosok

Sebagian orang menyebarkan cairan semprotan parfum dengan cara digosok padahal kebiasaan menggosok wewangian yang sudah disemprotkan di bagian tubuh dapat merusak aroma top note sehingga mengakibatkan wewangian tidak tercium sebagaimana mestinya. Sebagai alternatif, diamkan terlebih dahulu sampai wewangian mengering sempurna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement