Advertisement

Tips Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa

Tri Indah Lestari (ST22)
Sabtu, 25 Maret 2023 - 20:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tips Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Masalah yang kerap muncul saat berpuasa adalah bau mulut tidak sedap. Sumber penyebab bau mulut antara lain karena mengonsumsi makanan dan minuman dengan bau yang kuat, masalah pada gigi atau gusi, merokok, mulut kering, gerd, dan lainnya.

Melansir Bisnis.com-jaringan Harianjogja.com dari thenationalnews.com, Sabtu (25/3/2023) ahli kesehatan gigi di Dubai Ciara Hendy, menyatakan penyebab bau tidak sedap adalah mulut yang kering. Saliva atau air liur memiliki peran penting dalam melindungi mulut dan mengurangi pertumbuhan bakteri.

Advertisement

Selama puasa, jumlah produksi air liur menurun sehingga mulut memiliki lebih sedikit perlindungan terhadap bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut.

Baca juga: Kisah Pensiunan Satpol PP Lestarikan Pakaian Adat Jogja dengan Menyewakan Busana

Maka perhatikan cara berikut agar tidak bau mulut saat puasa:

1. Minum yang cukup

Dengan memenuhi kebutuhan air dua hingga tiga liter per hari saat buka puasa hingga sahur, kemungkinan masalah dehidrasi dan bau mulut saat puasa dapat teratasi.

2. Hindari makanan dan minuman yang menyebabkan dehidrasi

Selain minum air untuk menjaga cairan di tubuh atau menghindari dehidrasi, Anda perlu menghindari konsumsi teh, kopi, minuman berkafein lainnya, garam dan gula berlebih, maupun makanan serta minuman penyebab dehidrasi lainnya.

3. Jangan langsung sikat gigi setelah makan

Dalam mulut terdapat bakteri alami yang membantu proses pencernaan oleh karena itu tidak direkomendasikan untuk menggosok gigi langsung setelah makan. Tunggulah sekitar 30 hingga 60 menit agar bakteri alami dapat bekerja lebih dulu, selain itu menggosok gigi langsung usai makan dapat merusak enamel gigi sehingga mulut menjadi bau.

4. Pastikan mulut bersih seharian

Kebersihan mulut dari sisa-sisa makanan dapat mengurangi dan menghilangkan bau. Maka sikat gigi secara sempurna serta menyeluruh. Begitu juga dengan lidah lalu gunakan obat kumur untuk hasil mulut bersih secara maksimal.

5. Hindari makanan yang berbau tajam

Makanan berbau tajam, seperti bawang-bawangan, ikan, dan yang mengandung kafein dapat mengakibatkan bau mulut seharian. Usai mengonsumsi makanan dengan bau tajam, atasi dengan minum air yang cukup.

6. Konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan probiotik, seperti yogurt

Ketiga jenis makanan ini memiliki manfaat yang banyak salah satunya mengurangi bau tidak sedap dalam mulut karena mengandung banyak vitamin dan nutrisi, yang berfungsi melindungi dan membunuh bakteri pada mulut.

7. Kunjungi dokter gigi

Masalah bau mulut masih menghantui? Jika demikian segera kunjungi dokter gigi untuk melihat masalah mulut yang dihadapi oleh Anda. Bisa saja terdapat karang gigi, sariawan, gusi bengkak, gigi berlubang, dan masalah lainnya yang menjadi penyebab bau pada mulut.

Sumber: bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Tahan Pengunjuk Rasa Pro Palestina di Washington

News
| Kamis, 25 Juli 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

7 Lokasi Geopark Jogja di Wilayah Sleman, Rasakan Keindahannya

Wisata
| Selasa, 23 Juli 2024, 08:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement