Advertisement

Remaja Merapat! Ini Basic Skincare untuk Lindungi Kulit Sehatmu

Tri Indah Lestari (ST22)
Sabtu, 25 Maret 2023 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Remaja Merapat! Ini Basic Skincare untuk Lindungi Kulit Sehatmu Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Merawat kulit sejak dini dapat mencegah kulit kusam, kering, berminyak hingga penuan dini. Apalagi masa-masa pubertas dari usia 12-17 tahun tak jarang kulit wajah penuh jerawat karena perubahan hormon yang tidak seimbang pada tubuh.

Masih begitu awam dengan dunia per skincare-an, kamu bisa mulai dengan melakukan cara berikut ini untuk melindungi kulit sehatmu:

Advertisement

1. Rutin membersihkan wajah

Aktivitas harian disekolah membuat kotoran dan debu menumpuk di wajah, jika dibiarkan akan memicu pertumbuhan jerawat atau masalah kulit lainnya. Maka mulailah rutinitas skincare dengan membersihkan wajah dengan face cleanser seperti micellar water, cleanser balm, atau oil cleanser.

Kemudian lanjutkan dengan menggunakan facial wash untuk mengangkat residu dan kotoran yang tersisa di wajah. Langkah ini dikenal pula dengan istilah double cleansing, yakni membersihkan wajah sebanyak dua kali dengan bahan dasar yang berbeda.

Baca juga: Penumpang Kepanasan di Ketinggian 30.000 Kaki, Begini Teguran Kemenhub ke Super Air Jet

Dalam memilih facial wash pastikan kamu menghindari bahan-bahan seperti SLS (Sodium Lauryl Sulfate), alkohol, atau pewangi karena bisa mengiritasi kulit, mengingat kulit remaja cenderung lebih sensitif. Lakukan rutinitas mencuci wajah sebanyak dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari.

2. Lembapkan wajahmu

Moisturizer atau pelembap adalah bagian skincare terpenting untuk kulit wajahmu. Selain berfungsi untuk menjaga kelembapan di kulit, kekurangan cairan pada kulit justru menimbulkan permasalahan lainnya seperti kulit berminyak, jerawat hingga iritasi.

Meski bernama pelembap, penggunaan moisturizer tidak hanya dipakai oleh kulit kering saja, baik kulit normal dan berminyak wajib menggunakannya. Pilihlah moisturizer bertekstur gel untuk kulit berminyak sedangkan untuk kulit kering sebaiknya menggunakan pelembap bertekstur krim.

3. Lindungi dari sinar UV

Meski sudah menggunakan skincare wajah belum sepenuhnya terlindungi dari sinar ultraviolet (UV) yang merusak sel-sel kulit, serat kolagen, hingga serat elastin. Akhirnya kulit akan mengalami penuaan diri, muncul garis-garis halus, keriput, noda hitam, serta berkurangnya elastisitas kulit.

Oleh karena itu agar skincare bekerja lebih optimal lengkapi rangkaian skincare dengan menggunakan sunscreen dengan minimal Sun Protection Factor (SPF) sebesar 30 atau Lebih Tinggi

4. Maksimalkan dengan perawatan mingguan

Selain rangkaian skincare untuk sehari-hari kamu juga mesti rutin melakukan perawatan mingguan. Sederhana saja cukup dengan melakukan eksfoliasi, yakni mengangkat sel-sel kulit mati serta kotoran di permukaan kulit dan gunakan masker wajah.

Jenis produk eksfoliasi cukup lakukan 2-3 kali seminggu jangan berlebihan sebab dampaknya akan membuat kulit menjadi kering atau dehidrasi, sedangkan untuk masker pakailah sebanyak 1-2 kali seminggu. Selain menambah nutrisi pada kulit rutinitas ini dapat membantu menyamarkan noda jerawat.

Perlu diingat setelah melakukan eksfoliasi esok harinya jangan sampai lupa atau melewatkan penggunaan sunscreen, demi mencegah kulit kemerahan atau sunburn.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Truk Tangki BBM Pertamina Terbakar di Tol Ngawi-Kertosono

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement