Advertisement

Begini Cara Pakai Maskara yang Tepat Agar Tidak Menggumpal

Tri Indah Lestari (ST22)
Kamis, 16 Maret 2023 - 14:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Begini Cara Pakai Maskara yang Tepat Agar Tidak Menggumpal Bulu mata - freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bulu mata yang lentik, panjang, dan tebal hampir selalu menjadi dambaan semua perempuan. Namun tak semua orang beruntung untuk memiliki bulu mata yang indah tanpa bantuan apapun.

Maskara berfungsi mengubah bulu mata menjadi lebih mempertebal, panjang, atau lebih tegas dari sebelumnya. Hanya dengan satu produk tampilanmu akan jadi lebih dramatis.

Advertisement

Namun menggunakan maskara secara asal tidak hanya membuat rawan luntur tapi maskara juga bisa menggumpal di bulu mata. Make up yang sempurna akhirnya mengubah tampilan dramatismu ke arah yang berbeda.

Oleh karena itu kamu bisa perhatikan tips berikut agar maskara tidak menggumpal:

Baca juga: Aktris Senior Nani Wijaya Meninggal Dunia

1. Jepit bulu mata terlebih dahulu

Demi hasil yang maksimal gunakanlah penjepit bulu mata lebih dulu sehingga bulu matamu tampak begitu panjang sekaligus lentik. Satu tips dari para beauty guru agar kelentikan lebih tahan lama, panaskan penjepit bulu mata dengan hairdryer beberapa saat sebelum kamu menggunakannya. Cara ini membuat penjepit bulu mata bekerja seperti pengeriting rambut.

2. Hindari memompa sikat maskara

Memompa sikat maskara ke dalam tabung berulang kali membuat udara terperangkap dalam tabung dan membuat maskara lebih cepat mengering serta menggumpal, begitu juga dengan membiarkan tabung terbuka dalam waktu lama. Saat ingin mengaplikasikan maskara, keluarkan sikat secara perlahan lalu aplikasikan ke bulu mata. Namun, jika sudah terlanjur menggumpal, rendamlah kemasan maskara di air hangat.

3. Pakai sedikit demi sedikit

Semakin banyak produk semakin tebal, pikiran itu tidaklah tepat. Penggunaan secara sedikit demi sedikit akan menghindari maskara menggumpal di bulu mata. Cobalah pilih maskara dengan sikat kecil atau yang melengkung sehingga produk lebih mudah dikontrol. Selain itu tiap aplikator dapat memberikan kesan berbeda, misalnya jika ingin bulu mata lebih bervolume pilih aplikator klasik, hourglass, atau dengan bulu tebal. Sedangkan efek dramatis, pilihlah maskara dengan aplikator yang tajam pada bagian ujungnya.

4. Jangan biarkan mengering sepenuhnya untuk aplikasi kedua dan berikutnya

Terkadang menggunakan maskara sekali tak cukup membuat bulu mata jadi lebih lentik. Tunggu beberapa detik terlebih dulu, kemudian segera aplikasikan lapisan kedua sebelum maskara kering sepenuhnya karena jika demikian produk akan menggumpal dan lebih sulit diatur bentuknya.

Pada lapisan kedua kamu dapat memakai sikat dengan gerakan zig-zag sehingga produk akan lebih merata. Hindari menggunakan maskara lebih dari tiga lapis untuk mendapatkan hasil bulu mata yang lentik dan panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kritis UKT saat Rakernas PDIP, Megawati: Masa Mau Pinter Disuruh Bayar Mahal?

News
| Minggu, 26 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement