Advertisement

Ini 6 Camilan Sehat yang Cocok untuk Penderita Diabetes

Tri Indah Lestari (ST22)
Rabu, 15 Maret 2023 - 17:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ini 6 Camilan Sehat yang Cocok untuk Penderita Diabetes Ubi jalar. - Antarafoto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gula darah yang tinggi ialah pemicu terjadinya diabetes. Penderitanya bisa siapa saja dan tidak memandang usia. Untuk itu batasilah asupan makanan dan camilan agar tubuh tetap terjaga.

Tantangan sulit bagi penderita diabetes ialah memilih camilan yang tidak mengakibatkan gula darah semakin naik. Kunci dari makanan untuk penderita diabetes adalah kandungannya yang terdiri dari protein, serat, antioksidan, dan lemak sehat yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

Advertisement

Penting untuk penderita diabetes maupun pra-diabetes untuk memilih makanan yang terbaik bukan hanya mengatur rasa lapar tetapi juga mengatur kadar gula darah.

Berikut 6 camilan sehat yang cocok untuk penderita diabetes:

Baca juga: 5 Langkah-Langkah Mandi Menggunakan Shower

1. Telur rebus

Telur rebus kaya akan protein, tak hanya enak telur aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Dalam 1 butir telur rebus mengandung 6 gram protein yang bermanfaat bagi tubuh dan protein dalam telur rebus tidak mengakibatkan kadar gula darah meningkat. Penderita diabetes bisa mengkonsumsi telur rebus cukup matang dan bisa dimakan langsung atau dicampur dengan saus.

2. Wortel goreng

Makanan yang dikenal mengandung vitamin yang baik bagi kesehatan mata ini ternyata bisa jadi salah satu camilan untuk penderita diabetes. Cara mengkonsumsinya cukup dengan memotong wortel yang telah dibersihkan lalu iris tipis kemudian tumis dengan sedikit minyak zaitun sampai wortel tersebut layu dan matang.

3. Tumis brokoli dan almond

Brokoli adalah sumber makanan yang kaya akan kandungan bagi kesehatan. Kandungan yang terdapat dalam brokoli dapat membantu mengendalikan peradangan sehingga jadi makanan ideal yang cocok untuk diabetes.

4. Buncis

Buncis memiliki kandungan serat yang kaya, renyah, dipanggang, dan nikmat. Cukup dimasak dengan cara dikukus dan disajikan dengan saus atau bisa dengan di tumis dengan minyak yang sedikit, buncis siap jadi camilan sehat untuk penderita diabetes.

5. Kacang Almond

Mengandung 15 vitamin, protein, asam lemak, magnesium, dan potasium, almond ternyata menjadi salah satu cemilan yang cocok untuk penderita diabetes. Mengkonsumsi almond sangat mudah dapat dengan dimakan langsung atau kalian dapat diolah terlebih dahulu menjadi selai roti.

6. Ubi Jalar

Ubi jalar ialah karbohidrat kompleks dan mengandung hormon adiptopenekin. Keduanya dapat membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Cara mengkonsumsinya cukup dengan merebus atau kukus ubi tersebut sampai matang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Dia Pemenang Duta Bahasa Tingkat Nasional 2023, Ada DIY?

News
| Sabtu, 30 September 2023, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Di Coober Pedy, Penduduk Tinggal dan Beribadah di Bawah Tanah

Wisata
| Kamis, 28 September 2023, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement