Advertisement

Psikologi: Musik dan Lagu Pengaruhi Kembang Tahap Usia Anak

Tri Indah Lestari (ST22)
Jum'at, 10 Maret 2023 - 10:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Psikologi: Musik dan Lagu Pengaruhi Kembang Tahap Usia Anak Ilustrasi anak mendengarkan lagu atau musik. - istockphoto\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Anak-anak yang terbiasa mendengarkan lagu atau musik yang tepat salah satunya lagu anak memiliki dampak yang baik bagi perkembangan psikologisnya. Hal itu disampaikan Psikolog dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi.

"Yang jelas pekerjaan rumah kita masih banyak untuk melindungi dan memberikan yang terbaik bagi anak-anak, termasuk menyediakan pilihan musik dan lagu yang lebih ramah bagi mereka," kata psikolog klinis anak dan remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengutip dari Antara.

Advertisement

Setiap anak berkembang mengikuti tahapan usia dan setiap tahapannya terdapat stimulasi yang tepat usia, termasuk pula dengan jenis-jenis lagu yang mereka dengarkan.

Vera menilai kini musik dan lagu-lagu untuk anak-anak masih kurang sekali. Anak-anak cenderung mendengar lagu dewasa yang mendominasi media sosial atau terbawa oleh lagu-lagu serta musik yang didengar di sekitarnya.

Baca juga: Kasus Kekekerasan: Yang lagi Pacaran Perlu Baca Data Ini

"Hal yang dikhawatirkan adalah lirik yang berulang-ulang didengarkan atau dinyanyikan oleh anak-anak akan terinternalisasi di dalam benak mereka. Tentunya tanpa mereka memahami betul artinya," kata Vera.

Perkembangan teknologi digital dan semakin dekatnya anak-anak dengan gawai seharusnya memberikan akses lebih luas bagi lagu-lagu dan musik sesuai usia atau sesuai dengan kehidupan sehari-hari anak.

"Tetapi sayangnya di platform-platform musik, lagu anak-anak ternyata masih sangat minim. Jadi, orang tua dan anak-anak tidak melihat adanya pilihan yang menarik di sana," kata Vera.

Harapan Vera pada perayaan Hari Musik Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 Maret kali ini akan memunculkan kembali sosok-sosok penyanyi cilik yang membawakan karya-karya berupa lagu atau musik bagi anak-anak.

"Paling tidak bisa seperti dulu, kita mengenal ada sosok Adi Bing Slamet, Chica Koeswoyo, dan terakhir ada Sherina atau Tasya Kamila. Setelah itu tidak terdengar lagi penyanyi cilik yang melantunkan lagu anak-anak," kata Vera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penyidik Kasus Harun Masiku yang Terima Perintah di Luar KPK Bakal Dipecat

News
| Sabtu, 22 Juni 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Libur Iduladha, Warung Satai Klathak di Jogja Ini Diserbu Wisatawan

Wisata
| Kamis, 20 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement