Advertisement

Peneliti Temukan Waktu Terbaik Olahraga Untuk Bakar Lemak Lebih Banyak

Tri Indah Lestari (ST22)
Selasa, 07 Maret 2023 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Peneliti Temukan Waktu Terbaik Olahraga Untuk Bakar Lemak Lebih Banyak Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Peneliti dari Karolinska Institutet di Swedia dan University of Copenhagen di Denmark melalui sebuah studi yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan bahwa pagi hari adalah waktu terbaik berolahraga demi membakar lebih banyak lemak.

Profesor di departemen kedokteran molekuler dan bedah serta departemen fisiologi dan farmakologi di Karolinska Institute Juleen R. Zierath menyatakan temuan ini dapat bermanfaat bagi orang yang kelebihan berat badan dan sedang berjuang untuk menurunkan berat badan.

Advertisement

“Olahraga di pagi hari bisa lebih efektif daripada olahraga di malam hari dalam hal meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak dan berolahraga pada waktu ini terbukti bermanfaat bagi orang yang kelebihan berat badan,” ujarnya melansir dari Medical Daily dan New York Post.

Berolahraga pada waktu yang berbeda dalam sehari memengaruhi tubuh dengan cara yang berbeda sebab proses biologis bergantung pada ritme sirkadian.

Baca juga: 3 Tempat Makan Pizza di Jogja, Rasa Italia Suasana Angkringan

Dalam studi ini, peneliti mempelajari dua kelompok tikus dimana satu kelompok melakukan latihan intensitas tinggi di pagi hari, sedangkan kelompok lain melakukan rutinitas yang sama di malam hari.

Setelah menganalisis berbagai proses biologis dan penanda metabolisme lemak pada kedua kelompok. Peneliti mencatat bahwa waktu olahraga dapat menyempurnakan metabolisme adiposa guna meningkatkan homeostasis energi pada penyakit kardiometabolik.

Sebelumnya, studi dari Warren Alpert Medical School di Brown University menemukan berolahraga pada waktu yang sama setiap hari secara teratur menghasilkan penurunan berat badan yang baik dibandingkan dengan berolahraga pada waktu yang acak dalam sehari.

Studi tahun 2019 mengklaim bahwa konsistensi waktu jauh lebih efektif dibandingkan waktu tertentu dalam sehari latihan rutin dalam memastikan keberhasilan penurunan berat badan maupun pemeliharaan berat badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement