Advertisement

Unik! Lebah di Kota Ini Bisa Menghasilkan Madu Berwarna Ungu

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 04 Maret 2023 - 21:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Unik! Lebah di Kota Ini Bisa Menghasilkan Madu Berwarna Ungu Madu di Carolina Utara, Amerika Serikat bisa berwarna ungu. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, SANDHILLS—Madu yang kita kenal umumnya berwarna kuning atau coklat. Namun, di kota ini lebah madu bisa menghasilkan madu berwarna ungu.

Kota Sandhills di Carolina Utara, Amerika Serikat bisa dikatakan sebagai satu-satunya tempat di dunia dengan lebah yang menghasilkan madu ungu. Hal itu membuatnya seperti ramuan warna-warni yang lebih mirip cairan alien daripada nektar manis yang kita kenal selama ini.

Advertisement

Melansir Oddity Central, cairan yang sangat langka dikatakan lebih manis daripada madu lain dan tampaknya memiliki beberapa aroma buah yang halus juga.

Beberapa foto toples madu ungu baru-baru ini menjadi viral di Reddit dan memicu diskusi hangat tentang apakah suguhan yang tampak tidak biasa ini asli atau tidak. Tapi ternyata bagi orang-orang di Carolina Utara, itu bukan hal yang asing.

Meski demikian, perlu diakui bahwa madu ungu atau merah muda itu menjadi suguhan yang sulit didapat. Saat ini, sangat sulit mendapatkan madu ungu bahkan di Carolina Utara, meski keberadaannya tidak dapat disangkal.

Warna madu, dari kuning muda hingga kuning tua, tergantung pada jenis bunga asal nektar. Khusus perihal madu ungu, penyebabnya belum ditentukan. Beberapa sumber meyakini bahwa itu berasal dari buah-buahan seperti blueberry atau huckleberry, meskipun para ilmuwan dan peternak lebah akan menyatakan bahwa lebah tidak memiliki gigi yang cukup kuat untuk menggigit kulit buah beri tersebut. Yang lain mengatakan bahwa bunga tanaman Kudzu menghasilkan warna yang tidak biasa. Pada kenyataannya, tidak ada yang benar-benar tahu pasti.

Menurut Profesor John Ambrose dari North Carolina State University, madu ungu mungkin merupakan hasil reaksi kimia antara asam di perut lebah dan aluminium. Rupanya, bunga-bunga di pesisir Carolina Utara mengandung lebih banyak aluminium daripada di tempat lain, yang menjelaskan mengapa madu langka ini hanya diproduksi di Carolina Utara.

Banyak dari mereka yang cukup beruntung telah mencoba madu ungu itu dan mengklaim bahwa rasanya benar-benar 'ungu', dengan rasa anggur atau beri yang halus.

“Ini manis. Ini diproduksi oleh lebah, tetapi memiliki rasa buah," kata peternak lebah Donald Dees dikutip dari Oddity Central. “Ini sesuai dengan karakter madu yang tidak biasa berwarna ungu. Ini adalah rasa buah yang benar-benar tidak dapat dikenali oleh siapa pun."

Madu ungu adalah suguhan langka yang biasanya memiliki harga yang lebih tinggi daripada jenis lainnya. Dengan semua perhatian yang didapatkan dari media sosial akhir-akhir ini, permintaan semakin meningkat, dengan peternak lebah Carolina Utara melaporkan pesanan datang dari seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Truk Tangki BBM Pertamina Terbakar di Tol Ngawi-Kertosono

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement