Advertisement

Mengenal Sindrom Brugada yang Bisa Sebabkan Kematian

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 16 Februari 2023 - 21:47 WIB
Bhekti Suryani
Mengenal Sindrom Brugada yang Bisa Sebabkan Kematian Ilustrasi sakit dada - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA Sindrom Brugada adalah kondisi jantung langka yang dapat membuat Anda pingsan atau mengalami serangan jantung.

Sindrom ini dapat menyebabkan irama jantung berbahaya yang disebut fibrilasi ventrikel, yang mencegah jantung memompa darah ke otak.

Advertisement

Inilah mengapa orang dengan sindrom Brugada berisiko pingsan dan kematian jantung mendadak (SCD). Dari semua kematian jantung mendadak yang terjadi, sindrom Brugada menyumbang sekitar 4%.

Sindrom ini, lebih berisiko terjadi pada pria, dimana delapan sampai 10 kali lebih mungkin dibandingkan wanita. Siapa pun dengan riwayat keluarga SCD atau sindrom Brugada harus mencari tahu apakah mereka mengidap penyakit tersebut.

Gejala

Samir Kubba, Direktur, Kardiologi, Rumah Sakit Max, Vaishali mengatakan, lebih dari 70% orang dengan sindrom Brugada tidak memiliki gejala apa pun.

Terkadang sindrom Brugada dapat didiagnosis dengan elektrokardiogram (EKG). Beberapa Gejala sering dimulai pada usia 30-an atau 40-an.

Kondisi ini lebih sering terjadi di Jepang dan Asia Tenggara. Sindrom Brugada jarang terjadi. Sekitar 5 orang dari 10.000 memiliki kondisi tersebut.

Beberapa gejala mungkin termasuk pingsan, Pusing, sulit bernapas, kejang, jantung berdebar, serangan jantung.

Henti jantung mungkin merupakan gejala pertama dan alasan beberapa bayi dan anak-anak dengan sindrom Brugada meninggal saat tidur. Karena gejala ini mirip dengan masalah irama jantung lainnya, sangat penting untuk segera menemui dokter karena diagnosis yang tertunda bisa mematikan.

Tanda tersebut kurang terlihat dan hanya dapat dilihat pada EKG dengan pola EKG Brugada tipe 1 yang memiliki pola abnormal.

Penyebab

Sekitar 30% orang dengan sindrom Brugada memiliki mutasi genetik yang diketahui. Mutasi ini mengganggu konduksi sinyal detak jantung di jantung. Namun, yang lain mungkin tidak memiliki mutasi genetik.

Orang tanpa mutasi genetik bisa mendapatkan sindrom Brugada dari penyebab yang tidak diketahui atau dari obat-obatan yang mereka konsumsi untuk kondisi kesehatan mental atau masalah jantung tertentu.

Demam dapat memicu sindrom Brugada. Pemicu lainnya termasuk kelelahan panas, dehidrasi, obat-obatan tertentu, terlalu banyak minum alkohol dan kokain.

Sindrom Brugada sering didiagnosis pada orang dewasa, meski terkadang bisa terjadi pada remaja. Anak kecil jarang didiagnosis mengidapnya.

Faktor risiko sindrom Brugada meliputi:

• Riwayat Keluarga

Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan kelainan ini, peluang Anda untuk mengembangkannya meningkat.

• Laki-laki memiliki peluang lebih tinggi 

Laki-laki dewasa lebih sering didiagnosis daripada perempuan. Namun, laki-laki dan perempuan didiagnosis pada tingkat yang hampir sama pada anak kecil dan remaja.

• Suhu

Meskipun demam sendiri tidak selalu mengakibatkan sindrom Brugada, demam dapat mengiritasi jantung dan menyebabkan pingsan atau henti jantung mendadak, terutama pada anak kecil.

Dr. Kubba berkata, riwayat medis yang terperinci, riwayat kematian mendadak dalam keluarga, pemeriksaan fisik, EKG, tes darah dasar, ekokardiogram, dll. harus dilakukan dalam protokol evaluasi sindrom Brugada. Evaluasi lebih lanjut dapat mencakup tes elektrofisiologi oleh ahli elektrofisiologi khusus.

Tidak ada obat yang pasti untuk sindrom Brugada. Tujuan pengobatan sindrom Brugada adalah untuk menjaga agar orang tersebut tidak mengalami aritmia ventrikel dan mengobatinya saat terjadi. Perawatan termasuk obat-obatan dan perangkat tertentu.

Perangkat implantable cardioverter defibrillator (ICD) ditanamkan jika seseorang berisiko tinggi mengalami fibrilasi ventrikel, pernah pingsan, atau selamat dari serangan jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Ingin Membangun Koalisi Kuat

News
| Rabu, 24 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement