Advertisement

Olahraga yang Aman Untuk Ibu Hamil

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 13 Februari 2023 - 12:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Olahraga yang Aman Untuk Ibu Hamil Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ibu hamil tetap harus melakukan olahraga agar badannya tetap sehat dan bugar.

Berolahraga selama menjalani kehamilan nyatanya memiliki beragam manfaat yang bisa dirasakan oleh ibu hamil. Mulai dari menurunkan risiko nyeri punggung, mencegah perut kembung dan konstipasi, meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik, menurunkan stres, meningkatkan kualitas tidur, menurunkan risiko gangguan kehamilan, hingga memperlancar proses persalinan yang nanti akan dijalani.

Advertisement

Namun tidak semua jenis olahraga boleh dilakukan. Dikutip dari Halodoc, berikut ini jenis olahraga untuk ibu hamil yang tepat:

1. Berenang

Berenang menjadi salah satu jenis olahraga yang paling aman untuk dilakukan oleh ibu hamil. Olahraga ini menjadi olahraga yang berisiko rendah bagi ibu hamil, tetapi memiliki manfaat yang baik untuk membangun kekuatan tubuh. Berenang juga dinilai membantu meningkatkan kualitas tidur ibu hamil sehingga kebutuhan tidur akan terpenuhi dengan baik.

2. Jalan Kaki

Selain berenang, kamu juga bisa melakukan jalan kaki secara rutin, baik pagi maupun sore hari. Olahraga ini dianggap sebagai olahraga yang cukup aman bagi ibu hamil dengan berbagai manfaat, seperti menjaga kesehatan kardiovaskular dan otot tubuh.

Bukan hanya itu, jalan kaki juga bisa membantu ibu hamil mencegah konstipasi, mengontrol berat badan, mengatasi nyeri punggung, hingga menjaga kesehatan paru. Pastikan ibu menggunakan pakaian dan sepatu yang nyaman saat berjalan kaki untuk menghindari risiko cedera.

3. Prenatal Yoga

Saat hamil, ibu juga melakukan prenatal yoga untuk menjaga kesehatan selama kehamilan. Dengan melakukan prenatal yoga, kamu bisa melakukan latihan pernapasan, melakukan peregangan, hingga memperbaiki postur tubuh bagi ibu hamil.

4. Prenatal Pilates

Melakukan prenatal pilates bisa membantu ibu dalam melatih pernapasan. Selain itu, bukan hanya menenangkan sistem saraf, prenatal pilates juga membantu menurunkan tekanan darah dan membantu stamina menjadi lebih baik.

5. Melakukan Peregangan

Ibu hamil bisa melakukan peregangan di rumah agar tubuh tetap aktif bergerak. Ibu juga bisa melakukan peregangan dengan tambahan dumbell yang memiliki berat sesuai dengan kemampuan ibu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petinggi Freeport Temui Jokowi, Ini yang Dibahas

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement