Advertisement

Teater Dokumenter Lidah Pengikat Bangsa Tampilkan Kuliner Akulturasi Budaya

Sunartono
Sabtu, 04 Februari 2023 - 15:27 WIB
Sunartono
Teater Dokumenter Lidah Pengikat Bangsa Tampilkan Kuliner Akulturasi Budaya Sebuah teater dokumenter bertajuk Lidah Pem(ng)ikat Bangsa bakal dipentaskan di dua kota pada bulan ini. Teater ini dipertunjukkan secara ringkas di Kantor PKBI DIY pada Sabtu (3/2/2023) malam. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebuah teater documenter bertajuk Lidah Pem(ng)ikat Bangsa bakal dipentaskan di dua kota pada bulan ini. Teater ini dipertunjukkan secara ringkas di Kantor PKBI DIY pada Sabtu (3/2/2023) malam.

Secara khusus pementasan utuh akan dilakukan di Kedai Kebun Forum, Kota Jogja pada 10 dan 11 Februari 2023 dan di Padepokan Seni Mayang Sunda pada 17 Februari 2023 mendatang. Adpaun durasinya sekitar 45 menit.

Advertisement

Sutradara Teater Dokumenter Verry Handayani mengatakan cerita yang diangkat dalam teater yang akan dipentaskan ini lebih fokus tentang makanan yang sering menjadi media akulturasi budaya. Menurutnya makanan atau masakan yang terhidang hakekatnya bukan semata hanya soal perut dan ranah domestik.

BACA JUGA : NgayogyaMantra, Disbud DIY Apresiasi Kehadiran 50 Tahun ...

Akan tetapi bisa menjadi media diplomasi, seperti halnya sate kambing dan nasi rames khas Madura pernah dihidangkan kepada tamu negara dalam acara Konferensi Asia Afrika di Gedung Merdeka tahun 1955. Secara khusus dalam teater itu mengangkat empat jenis makanan dan minuman yaitu bir plethok, wedang ronde, gado-gado dan lonthong cap go meh. Keempat makanan ini dinilai merupakan produk dari akulturasi.

“Pemilihan keempat jenis makanan ini melalui riset lebih dahulu melibatkan pakar dan sejarawan. Misalnya makanan ini termasuk akulturasi bukan, kami coba teliti dan mencari narasumber. Seperti gado-gado ini ada versi yang dulunya berasal dari portugis,” katanya Sabtu.

Teater dokumenter merupakan satu bentuk pertunjukan teater menggunakan dokumen sejarah, arsip, reportase surat kabar dan verbatim sebagai sumber utama penulisan cerita. Pertunjukannya melibatkan aktor muda sebagai peneliti sekaligus penampil yang meniru narasumber atau mimesis. Di antaranya, Anggun Oktavia Mei Riasari, Dinarto Ayub Marandi, Muhammad Ramdan, Regina Gandes Mutiary, dan Sulaiman Gumilang.

BACA JUGA : Jubah Macan Sukses Tampilkan Teater tentang Kesetiaan

Para aktor akan berdialog sambil memasak, membicarakan nilai kultural, dan implikasi politis yang dibawa oleh hidangan yang dipresentasikan. Selain mendapatkan kesan visual dan emosional, sensasi aroma masakan dihadirkan di atas panggung serta lidah penonton akan diajak mencicipi kuliner akulturasi.

“Pertunjukan kali ini, saya melibatkan beberapa aktor muda di Jogjaa. Semoga karya ini bisa menjadi bagian dari mengenalkan kuliner nusantara dengan cara yang berbeda,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Muhadjir Sebut Jokowi Perintahkan Para Menteri untuk Bangun Rest Area Lebih Banyak

News
| Senin, 06 Mei 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement