Advertisement

Tips Meninggalkan Sepeda Motor di Rumah saat Akan Liburan Akhir Pekan

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 04 Februari 2023 - 20:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tips Meninggalkan Sepeda Motor di Rumah saat Akan Liburan Akhir Pekan Teknisi Astra Motor Yogyakarta memberikan servis gratis kepada puluhan kendaraan sepeda motor milik karyawan Harian Jogja, Jumat (15/2/2019). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Bersiap liburan dan akan staycation di luar kota? Sebaiknya Anda jangan meninggalkan kendaraan begitu saja di rumah. 

Meski ditinggal dua hari saat Anda liburan yaitu Sabtu dan Minggu, Anda harus memastikan bahwa motor Anda ditinggal dalam kondisi yang prima. 

Advertisement

Menurut Astra Motor Yogyakarta, berikut ini tips saat meninggalkan sepeda motor di rumah akhir pekan ini:

1. Simpan sepeda motor di tempat yang teduh

Simpan sepeda motor di tempat yang aman dari hujan dan panas sinar matahari langsung (dijemur). Kami rekomendasikan untuk menyimpan sepeda motor di dalam garasi atau ruang tertutup. Jika perlu tutup dengan cover sepeda motor agar debu tidak menempel pada sepeda motor.

2. Dirikan sepeda motor dengan standar ganda (main stand)

Untuk sepeda motor yang dilengkap dengan standar ganda (main stand), berdirikan sepeda motor dengan standar tersebut. Untuk beberapa tipe motor sport yang tidak dilengkapi dengan standar ganda, lebih baik dirikan sepeda motor dengan paddock stand. Selain itu, kami merekomendasikan untuk memberi alas kayu, keset, atau karton pada permukaan ban yang menempel ke lantai. Karena ban yang bersentuhan langsung ke lantai akan lebih cepat kehilangan tekanan udara.

3. Simpan sepeda motor dalam kondisi bersih dan kering

Sebelum meninggalkan sepeda motor untuk mudik, jangan lupa cuci dan keringkan hingga benar-benar bersih dan kering. Air yang tertinggal bisa memicu munculnya korosi atau karat serta noda bekas air di bagian badan sepeda motor.

4. Cabut aki sepeda motor jika mudik dalam waktu yang lama

Jika memutuskan untuk mudik dalam jangka waktu yang cukup lama, lebih baik cabut aki sepeda motor. Jika tidak dicabut, aliran listrik dari aki akan terus mengalir ke berbagai komponen yang ada sehingga aki soak / kehilangan daya.

5. Isi BBM sampai penuh atau kuras sampai benar-benar kosong

Untuk menghindari terjadinya kondensasi karena penguapan BBM, lebih baik isi tanki sepeda motor Honda sampai penuh atau kuras hingga benar-benar kosong. Proses kondensasi yang terjadi bisa menjadi pemicu timbulnya karat pada tanki yang bisa berujung pada kebocoran.

Dalam kondisi tertentu, pilihan untuk mengosongkan tanki bahan bakar menjadi pilihan yang lebih menenangkan. Termasuk di dalamnya menjauhkan sepeda motor dari sumber listrik atau sumber api untuk meminimalisir resiko kebakaran.

6. Pastikan sepeda motor terkunci dengan aman

Saat akan meninggalkan sepeda motor untuk mudik, pastikan sepeda motor terkunci dengan aman. Beberapa produk sepeda motor Honda telah dilengkapi dengan Smart Key System yang terintegrasi dengan Immobilizer dan Anti Theft Alarm namun tidak ada salahnya untuk memberikan kunci pengaman tambahan seperti kunci roda ataupun kunci rem cakram.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement