Advertisement

Waktu yang Tepat Menggunakan Masker Wajah, Siang atau Malam?

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 20 Januari 2023 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Waktu yang Tepat Menggunakan Masker Wajah, Siang atau Malam? Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Masker wajah membantu menjaga kelembapan wajah, mengecilkan pori-pori, mengangkat sisa makeup yang menumpuk di wajah, kotoran, dan minyak. Untuk itu, salah satu perawatan kecantikan untuk perempuan ini dilakukan secara rutin. 

Masker terdiri dari dua jenis yaitu sheet mask maupun masker yang dioleskan. Masker-masker tersebut bisa ditemui di toko-toko kosmetik maupun supermarket. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Namun kapankah penggunaan masker yang tepat? Apakah pagi atau malam hari?

Dilansir dari Klikdokter, tidak ada anjuran pasti mengenai waktu yang tepat untuk menggunakan masker wajah. Hal yang terpenting adalah mengetahui fungsi masker yang hendak diaplikasikan.

Jika ingin mengaplikasikan masker untuk meregenerasi kulit wajah, sebaiknya gunakan saat malam hari sebelum tidur saja.

Produk regenerasi kulit biasanya akan mengangkat sel-sel kulit mati secara optimal sehingga kulit wajah akan terkelupas dan menipis.

Baca juga: Jangan Suka Pinjam Topi dan Sisir, Bisa-Bisa Tertular Kutu!

Saat kamu memakai masker di pagi atau siang hari, paparan sinar matahari justru akan membuat kulit wajah memerah dan meradang.

Begitu pun dengan masker yang fungsinya untuk mencerahkan atau whitening. Biasanya, produk ini juga akan sensitif terhadap paparan sinar matahari.

Karena itu, jadwal maskeran yang baik menggunakan skincare atau masker pencerah wajah adalah saat malam hari.

Lalu, masker yang fungsinya hanya untuk melembapkan, menyegarkan, dan menghidrasi kulit bisa digunakan kapan saja. Mau siang ataupun malam, masker yang tidak mengandung “bahan keras” di dalamnya lebih fleksibel untuk digunakan.

Hanya saja, banyak orang menganggap malam hari sebagai waktu yang baik untuk maskeran. Menggunakan masker di malam hari dianggap dapat mengurangi faktor yang dapat mengganggu pengaplikasian masker. Dengan begitu, nutrisi dari masker bisa terserap dengan lebih optimal.

Dilansir dari The Body Shop, waktu terbaik menggunakan masker wajah sebaiknya gunakan 1 sampai 2 kali seminggu selama 20 menit. Waktu ini berguna untuk memberikan kesempatan bagi kulit wajah untuk bernapas dan menjaga keseimbangan minyak untuk menghindari kulit kering.

Yang perlu diingat, sebelum pakai masker, baca daftar kandungan pada label produk. Bila dalam produk masker wajah tersebut tertulis kandungan alkohol di dalamnya, sebaiknya ganti saja produk tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Buka Suara soal Niat Kaesang Terjun ke Politik: Saya Tidak Memengaruhi

News
| Senin, 30 Januari 2023, 10:47 WIB

Advertisement

alt

4 Rekomendasi Bakso di Jogja, Cocok Buat Makan Siang

Wisata
| Senin, 30 Januari 2023, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement