Advertisement

Cara Mencegah & Mengatasi Jerawat Haid

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 20 Januari 2023 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cara Mencegah & Mengatasi Jerawat Haid Jerawat / overcomepcos.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Banyak tanda yang muncul sebelum kita menstruasi atau haid. Selain perut begah dan payudara nyeri, ada sebagian perempuan yang berjerawat. Hal ini wajar terjadi. Menurut pakar kesehatan, jerawat haid ini disebut dengan jerawat hormonal.

Dermato Venereologist, dr. Fitria Agustina, Sp.KK mengatakan sangat sulit untuk mengatur dan mengendalikan hormon dengan obat, solusi terbaik yakni dengan mengontrol kinerja kelenjar minyak sebasea. Kelenjar sebasea terletak di bawah permukaan kulit. Kelenjar ini berfungsi untuk mengeluarkan zat minyak yang disebut sebum.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Di kondisi [jerawat hormonal] itu, hormon berpengaruh pada kinerjanya sebasea, kelenjar minyak yang dipengaruhi oleh hormonal kerjanya sebosa, selnya di kelenjar minyak," ujar dr. Fitria dalam acara DermLive by La Roche Posay di SCBD Jakarta, Rabu (13/7/2022), dikutip dari Suara.com--jaringan Harianjogja.com, Kamis (14/7/2022).

Ia menjelaskan cara mengontrol kelenjar sebasea, biasa dilakukan dengan merawat lapisan kulit, menjaga kebersihan dan sekiranya bertambah parah bisa menjalani pengobatan.

Baca juga: Kenali Penyebab Nyeri Haid yang Sampai Pingsan

Perawatan dan mengobati jerawat terdiri dari 3 kategori yakni adjuvan, dermocosmetic, dan perawatan kulit.

Adjuvan ini berupa terapi seperti resep obat yang diberikan dokter kulit. Umumnya dokter akan menyesuaikan sesuai kondisi jerawat apakah ringan, sedang atau berat (akut).

Sedangkan dermocosmetic yaitu berupa ada atau tidaknya terapi adjuvan yang diberikan, produk ini tetap harus digunakan, seperti moisturizer (pelembab) atau sunscreen (tabir surya).

"Jadi jangan lupa 3 step perawatan kulit apapun kulitnya termasuk kulit yang berjerawat tetap harus dipakai. Bersihkan kulitnya dengan sabun yang tepat, gunakan moisturizer, dan satu lagi memakai sunscreen, itu merupakan keharusan," tutup dr. Fitria.

Cara mencegah dan mengatasi

Meski tampaknya sulit, seorang perempuan mungkin saja bisa mencegah munculnya jerawat menjelang haid. Terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengatasi jerawat saat haid, dilansir dari halodoc:

1.Jaga kebersihan wajah

Pastikan kamu rutin mencuci wajah, maksimal dua kali sehari, menggunakan sabun yang sesuai jenis kulit. Hal ini bertujuan untuk mengurangi produksi sebum di wajah.

2. Cuci tangan pakai sabun

Jangan pernah menyentuh wajah (termasuk jerawat) dalam keadaan tangan kotor, karena bisa membuat jerawat semakin memburuk. Sebaiknya, cuci tangan pakai sabun terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah.

3. Perhatikan asupan makanan

Saat menstruasi, batasi asupan gula, karbohidrat, atau susu. Alasannya karena makanan tinggi glikemik, seperti roti putih dan kentang, bisa memicu lonjakan gula darah yang sering menjadi penyebab peradangan kulit.

4. Perbanyak minum air putih

Selain mencegah dehidrasi, air putih juga bisa membantu proses detoksifikasi dan menjaga kelembapan kulit. Minum air putih, setidaknya dua gelas per hari, membantu melancarkan peredarah darah sehingga bisa mencegah jerawat membandel.

5. Pakai tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan

Oleskan tabir surya, minimal SPF 30, secara merata pada tubuh minimal 20 menit sebelum beraktivitas. Gunakan ulang tiap dua jam sekali agar perlindungannya maksimal. Hal ini diperlukan untuk mengurangi dampak negatif akibat paparan sinar UV matahari berlebih.

6. Lakukan facial

Menjelang akhir siklus haid, tidak ada salahnya untuk facial wajah. Perawatan ini mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menyingkirkan sebum berlebih, sehingga mencegah kemunculan jerawat saat datang bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Buka Suara soal Niat Kaesang Terjun ke Politik: Saya Tidak Memengaruhi

News
| Senin, 30 Januari 2023, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement