Advertisement

Ibu Harus Tahu, Ini 8 Makanan yang Harus Dipantang Pasca Operasi Caesar

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 18 Januari 2023 - 14:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ibu Harus Tahu, Ini 8 Makanan yang Harus Dipantang Pasca Operasi Caesar Sajian gorengan yang dijual di pinggir jalan. - Harian Jogja - Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ibu hamil yang siap melakukan persalinan bisa memilih apakah akan melahirkan secara normal atau melalui operasi caesar. Jika memilih caesar, ibu hamil harus patuh pada larangan-larangan yang perlu dipatuhi pasca operasi. 

Hal itu dikarenakan pemulihan setelah operasi caesar berbeda dengan persalinan normal, termasuk pantangan makanannya.

Advertisement

Operasi caesar umumnya dilakukan atas dasar kegawatdaruratan pada ibu dan janin. Misalnya posisi bayi melintang atau terlilit tali pusar. Bisa juga karena usia ibu saat akan melahirkan memasuki usia rawan, misalnya di atas 40 tahun. 

Berbicara tentang pantangan makanan, ada beberapa makanan yang tidak direkomendasikan bagi ibu pasca caesar. Melansir dari laman Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, berikut ini pantangan bagi ibu melahirkan caesar:

Baca juga: Jimin BTS Segera Luncurkan Album Solo

1. Makanan pedas

Selain bikin mulas, makanan pedas bisa menyebabkan masalah asam lambung. Pasca melahirkan, ibu umumnya sulit buang air besar. Jangan sampai karena konsumsi makanan pedas, Bunda jadi sering ke toilet dan mengejan. Akibatnya, luka pemulihan nanti bisa lama sembuh. Makanan pedas juga perlu dihindari karena dapat memengaruhi ASI. Bayi mungkin saja bisa merasakan rasa pedas di ASI yang bikin dia enggak nyaman dan menolak menyusu.

2. Gorengan

Makanan yang digoreng juga perlu dipantang usai melahirkan dengan operasi caesar. Kebanyakan makanan yang digoreng sulit dicerna tubuh dan bisa bikin perut kembung. Sebagai gantinya, seorang ibu bisa memiliki makanan yang direbus atau kukus usai melahirkan ya. Pilihlah jenis makanan yang mengandung nutrisi dan kaya serat.

3. Makanan manis

Makanan manis atau makanan dengan tambahan gula dapat menyebabkan peradangan pada tubuh. Makanan jenis ini juga bisa memengaruhi proses penyembuhan luka pasca operasi caesar. Makanan manis dengan gula berlebih juga tidak baik untuk kesehatan. Sebab, makanan bisa berisiko meningkatkan kadar gula darah.

4. Kafein

Konsumsi minuman berkafein seperti kopi atau teh perlu dibatasi usai melahirkan. Kafein dapat masuk ke ASI, sehingga dapat memengaruhi bayi. Kafein juga dapat meningkatkan katekolamin, yakni neurotransmiter yang terlibat dalam respons stres di tubuh. Jika katekolamin terus meningkat dalam waktu berkepanjangan, ini dapat menyebabkan peradangan.

5. Alkohol

Tidak hanya saat hamil, konsumsi alkohol juga perlu dihindari setelah melahirkan. Selain tidak baik untuk kesehatan, kandungan alkohol dapat mengganggu kemampuan ibu untuk menyusui, serta mengganggu pertumbuhan dan perkembangan bayi.

6. Makanan mengandung gas

Jauhi makanan yang menghasilkan gas usai operasi caesar ya. Jika produksi gas meningkat, maka timbul rasa tidak nyaman di daerah bekas luka operasi. Beberapa jenis makanan mengandung gas adalah kacang polong kering, kembang kol, brokoli, dan bawang. Setidaknya Bunda perlu menghindari jenis makanan ini selama 40 hari setelah melahirkan.

7. Makanan yang memicu sembelit

Sembelit yang terjadi pasca operasi bisa bikin ibu tidak nyaman. Luka bekas operasi dapat bertambah nyeri karena kondisi ini. Untuk mencegahnya, ibu perlu menghindari makanan pemicu sembelit. Beberapa jenis makanan ini adalah daging merah, produk olahan susu, atau makanan cepat saji. Alih-alih konsumsi makanan tersebut, Bunda bisa makan buah yang kaya serat dan bisa mencegah sembelit.

8. Makanan dingin dan mentah

Setelah melahirkan, usahakan untuk banyak mengonsumsi makanan bernutrisi yang masih segar atau baru dimasak. Hindari konsumsi makanan dingin dan mentah karena bisa memicu sakit perut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Listrik, Jumat 27 Januari 2023: Wates dan Wonosari Kena Giliran

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 07:07 WIB

Advertisement

alt

Kemenparekraf Optimistis Jumlah Wisatawan 2023 Naik

Wisata
| Kamis, 26 Januari 2023, 08:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement