Advertisement

Bisa Jaga Gula Darah, Ini 11 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

Nuraini
Minggu, 15 Januari 2023 - 15:37 WIB
Sunartono
Bisa Jaga Gula Darah, Ini 11 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan 11 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui / Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Daun pandan biasa digunakan sebagai penambah aroma alami karena wanginya yang khas. Di balik wanginya yang khas, ternyata manfaat daun pandan juga melimpah.

Apa saja manfaat yang dimaksud? Simak penjelasan lengkapnya di bawah. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kandungan Daun Pandan

Beragam manfaat daun pandan pasti berasal dari kandungan daun pandan yang baik bagi tubuh. Dalam 100 gram 100 gram pasta pandan diketahui mengandung 321 kkal kalori, 2,2 gram protein, 78 gram karbohidrat, 3,5 gram serat, 390 – 724 mikrogram vitamin A, 0,04 miligram vitamin B1, 2 miligram vitamin C, 134 miligram kalsium, 108 miligram fosfor, dan 5,7 miligram zat besi.

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Kandungan daun pandan tersebut telah memberikan banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa khasiat daun pandan untuk kesehatan yang perlu diketahui. 

1. Mengendalikan kadar gula darah

Berdasarkan keterangan di Healthline, daun pandan berperan untuk menurunkan kadar gula darah. Berdasarkan penelitian, 30 orang yang meminum teh daun pandan panas memiliki kadar gula yang lebih baik daripada yang hanya minum air panas saja.  

2. Menjaga kesehatan mulut

Manfaat daun pandan untuk kesehatan selanjutnya dapat meningkatkan kesehatan mulut. Ternyata, orang-orang jaman dahulu sudah terbiasa mengunyah daun pandan agar nafas menjadi lebih segar dan wangi. 

3. Menambah nafsu makan

Khasiat rebusan daun pandan dapat meningkatkan nafsu makan. Air rebusan daun pandan juga bisa ditambahkan madu ataupun gula sesuai dengan selera.

4. Mengurangi nyeri artritis

Artritis adalah gejala nyeri, bengkak, dan kaku pada persendian. Daun pandan dapat mengurangi nyeri artritis dengan cara mencampurkannya dengan minyak kelapa. 

5. Meredakan nyeri

Daun pandan memiliki sifat analgesik yang dapat meredakan sakit kepala, kram perut, hingga radang sendi. Caranya dengan mencampurkan potongan daun pandan ke dalam teh. 

6. Mencegah penyakit jantung

Manfaat daun pandan untuk jantung dapat mengurangi risiko aterosklerosis dan penyempitan pembuluh darah. Hal ini disebabkan adanya karotenoid sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.

7. Menurunkan demam

Naiknya suhu tubuh mengindikasikan bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Khasiat rebusan daun pandan dapat menurunkan suhu tubuh saat demam. 

8. Menghilangkan bau pada miss v

Manfaat daun pandan untuk wanita yaitu dapat menghilangkan aroma tidak sedap pada miss V. Caranya dengan menghaluskan daun pandan dan mencampurkannya dengan air. Lalu, daun pandan yang sudah dihaluskan dengan air, diperas, dan ditambahkan dengan satu sendok madu murni. 

Untuk hasil yang maksimal, ramuan tersebut diminum rutin setiap malam selama dua minggu. Manfaat ini diperoleh karena adanya kandungan zat eugenol dan minyak atsiri dalam daun pandan. 

9. Mengatasi lemah syahwat

Tak hanya bermanfaat untuk wanita, manfaat daun pandan untuk pria juga diketahui dapat mengobati lemah syahwat. Caranya dengan merebus 3 lembar daun pandan dalam 4 gelas air. Rebus sampai air tersisa sekitar 2 gelas. Rebusan daun pandan perlu diminum teratur setiap dua kali sehari. 

10. Membantu pengobatan kanker

Manfaat rebusan daun pandan untuk kesehatan juga dapat membantu pengobatan kanker. Berdasarkan penelitian, ekstrak akar dan daun pandan dapat menghambat pembelahan sel yang tidak normal. 

11. Menetralkan racun dalam tubuh

Daun pandan dapat mendetoksifikasi racun di dalam hati. Tidak hanya itu, daun pandan juga dapat mendetoksifikasi racun dan kotoran agar keluar dari tubuh. Bahkan, sudah banyak orang yang menggunakan daun pandan sebagai obat pencahar alami untuk mengobati kesulitan buang air besar. 

Begitulah kandungan dan manfaat daun pandan bagi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bappenas Apresiasi Ganjar Pranowo terkait Penyusunan RPD dan RKPD

News
| Sabtu, 04 Februari 2023, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Kemegahan Desa Wisata Karangrejo Borobudur Menyimpan Kisah Menarik Bersama Ganjar

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement