Advertisement

6 Tanda Wanita Sedang Masa Subur, Kenali Agar Cepat Hamil

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 15 Desember 2022 - 16:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
6 Tanda Wanita Sedang Masa Subur, Kenali Agar Cepat Hamil Ilustrasi masa subur - ist/classic105

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Seorang ibu yang menginginkan kehamilan perlu mengenali masa suburnya. Masa subur atau masa ovulasi adalah saat di mana sel telur matang dilepaskan dari ovarium ke rahim. 

Pada masa ini muncul tanda-tanda yang dirasakan pada tubuh seorang ibu, salah satunya keluar lendir bening dari vagina. Saat seperti ini adalah momen tepat untuk berhubungan intim dengan suami jika ingin mendapatkan kehamilan.

Advertisement

Biasanya para ibu yang sudah mengenal masa suburnya sudah tidak membutuhkan sistem kalender karena sudah mengenali kondisi khusus yang dirasakannya.

Baca juga: Ini Penyebab Lutut Sakit saat Naik Turun Tangga dan Jongkok

Dilansir dari Prenagen, saat berhubungan di masa subur, potensi akan terjadinya pembuahan menjadi lebih besar ketimbang di waktu lainnya, karena di masa ini sel telur di rahim siap untuk dibuahi. Ada pun perhitungan waktu ovulasi yaitu, ke-13 atau 14 sejak perempuan mengalami siklus haid di bulan tersebut. 

Berikut ini ciri-ciri seorang ibu sedang mengalami masa subur:

1. Gairah Seks Meningkat

Apabila Anda sadari, tanda tubuh sedang masa subur adalah dorongan seks yang kuat selama beberapa hari. Apabila dalam suatu hari, tiba-tiba ibu merasa gairah seks meningkat dan terus menginginkan pasangan di ranjang selama beberapa malam, kemungkinan besar ia sedang berovulasi. Meningkatnya gairah seks ini adalah sinyal alami tubuh saat ia sedang siap untuk segera bereproduksi.

2. Cairan Transparan

Ketika masa ovulasi, terdapat sedikit cairan transparan yang lengket dari vagina Ibu. Teksturnya sangat mirip putih telur, namun cairan ini bukanlah keputihan, melainkan cairan yang bisa memudahkan sperma bergerak di dalam rahim. Di samping itu, cairan transparan yang bukan keputihan ini juga cara alami untuk memberitahu kondisi tubuh sedang dalam masa subur. Saat ovulasi inilah waktunya untuk lebih dekat dengan pasangan, jika Ibu sedang mengharapkan kehadiran buah hati.

3. Rahim Terasa Lebih Terbuka dan Lembut

Ketika Ibu dalam masa ovulasi, rahim akan menjadi lebih terbuka dan menjadi lunak. Saat berhubungan intim, mungkin akan terasa sedikit sakit, sebab vagina mengeluarkan lebih banyak pelumas akibat sekresi lendir lebih pada masa ini. Suami mungkin akan mengatakan jika leher rahim ibu lebih cepat basah dan lembut. Hal itu menandakan salah satu ciri-ciri masa subur.

4. Payudara Nyeri

Kebanyakan perempuan merasakan sakit dada pada periode ini. Tetapi, tanda ini bisa jadi kurang menonjol mengingat sakit di dada bisa disebabkan oleh berbagai hal. Namun, perempuan yang merasa payudaranya sakit setelah siklus haid usai, maka itu adalah sinyal jika tubuh edang dalam masa subur.

5. Sakit Perut bagian Bawah

Sebagian perempuan juga mungkin mengalami nyeri ringan pada perut bagian bawah, baik di kanan atau kiri, saat memasuki masa subur. Rasa nyeri ini dapat berlangsung selama beberapa menit atau jam. Dilihat dari segi medis, sakit di perut bawah kiri atau kanan ini dikenal sebagai sensasi mittelschmerz. Ibu mungkin mengalami rasa mual atau keluarnya cairan vagina bersamaan dengan rasa sakit tersebut.

6. Sedikit Bercak Coklat

Kebanyakan perempuan mendapatkan bercak coklat ketika ovulasi. Hal ini disebabkan folikel telur hadir untuk melepaskan telur yang menyebabkan bercak. Jika menemukan bercak coklat pada pakaian, itu tandanya ibu sudah memasuki masa ovulasi dan siap berhubungan seks jika sedang mengharapkan kehamilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement