Advertisement

Jangan Panik! Lakukan 9 Hal Ini Saat Terjadi Gempa Bumi

ST22
Kamis, 08 Desember 2022 - 20:07 WIB
Bhekti Suryani
Jangan Panik! Lakukan 9 Hal Ini Saat Terjadi Gempa Bumi Foto ilustrasi. - Antara Foto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Dalam dua bulan terakhir Indonesia telah mengalami gempa bumi hampir di seluruh wilayah Indonesia. Gempa bumi ialah guncangan yang disebabkan oleh aktivitas patahan, tumbukan antar lempeng bumi, aktivitas gunung api atau terjadi runtuhan bangunan.

Gempa bumi di Indonesia umumnya terjadi akibat aktivitas patahan dan tumbukan antar lempeng bumi karena Indonesia terletak di pertemuan tiga lempeng bumi dan berada di zona cincin api.

Advertisement

BACA JUGA:  Simak! Ini Barang Paling Laris saat Ramadan-Lebaran versi Tokopedia

Oleh sebab itu penting untuk mengerti mitigasi bencana gempa bumi seperti dengan merancang bangunan tahan gempa, kenali struktur bangunan tempat tinggal seperti letak pintu, lift serta tangga darurat, menyiapkan tas gawat darurat berisi perlengkapan bertahan hidup untuk 72 jam atau 3 hari.

Jika semua hal itu sudah terpenuhi atau belum perhatikan hal berikut saat dan setelah terjadi  gempa bumi di tempat Anda yang dihimpun dari berbagai sumber:  

1.Jika berada di dalam rumah atau bangunan saat gempa terjadi upaya terbaik yang dapat dilakukan ialah berlindung dibawah meja untuk melindungi badan dan kepala dari reruntuhan bangunan dan jauhi jendela kaca.

2. Saat berada di area terbuka hindarilah berada di tempat yang dikelilingi gedung, maupun lokasi yang dekat dengan instalasi listrik, gas dan air, pohon, dan sejenisnya. Perhatikan kepadatan tanah tempat Anda berpijak untuk mengantisipasi terjadinya rekahan tanah.

3. Jika gempa terjadi saat sedang mengendarai mobil, berhentilah di pinggir jalan namun tetap berada di dalam mobil. Hindari berhenti di bawah atau di atas jembatan ataupun dekat benda yang mudah jatuh.

4. Jika tinggal di daerah pegunungan hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran dan jauhi pantai jika Anda berada di pantai untuk menghindari potensi terjadinya tsunami.

5. Saat Anda dalam kondisi sakit lindungi bagian kepala dan leher menggunakan buku besar, bantal, atau lengan. Bila berada di kursi roda, segera kunci rodanya agar tidak meluncur.

6. Setelah terjadi gempa bumi dan dirasa lebih aman Anda dapat keluar dari tempat berlindung. Selalu perhatikan sekitar Anda terutama jika berada didalam bangunan, hindari tempat tersebut bila terdapat keretakan.

7. Jangan menggunakan lift atau elevator, gunakan tangga darurat untuk keluar dari bangunan.

8. Hindari memasuki gedung yang terdampak gempa karena memungkinkan bangunan runtuh.

9. Tetap berada di tempat yang aman mengantisipasi terjadinya gempa susulan. 

 

BACA JUGA:  Kementerian BUMN Bersama Telkom Bagikan 1000 Paket Sembako Murah di Batulicin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kubu Anies Terus Gaungkan Isu Penjegalan, PDIP: Karena Anies Gak Punya Prestasi

News
| Kamis, 08 Juni 2023, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Restoran Jepang Sajikan Mi yang Lebarnya Mencapai 12 Sentimeter, Begini Cara Memakannya

Wisata
| Rabu, 07 Juni 2023, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement