Advertisement

5 Tips Sederhana Agar Kuku Tetap Sehat

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 21 November 2022 - 10:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Tips Sederhana Agar Kuku Tetap Sehat Cat kuku - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Kesehatan kuku perlu diperhatikan karena bisa menyebabkan beragam penyakit. Saat kuku mulai panjang, segeralah melakukan perawatan yang ekstra.

Menjaga kesehatan kuku bukan hanya demi estetika agar enak dipandang tetapi juga untuk menjauhi beragam penyakit yang ditimbulkan dari kuku.

Advertisement

Melansir dari akun Instagram Laseca, berikut ini tips sederhana agar kuku tetap sehat:

1. Asupan vitamin B

Vitamin B merupakan vitamin yang dibuuthkan untuk kesehatan kuku. Vitamin B bisa diperoleh dari mengonsumsi kuning telur, kacang-kacangan, pisang, dan ikan sarden. Mengonsumsi makanan bervitamin B akan membuat kuku tidak mudah rapuh dan sehat.

2. Jangan terbiasa menggigit kuku

Kebiasaan menggigit kuku bisa membahayakan karena lapisan kuku akan terkelupas dan bakteri-bakteri akan mudah bersarang di bawah kuku. Bakteri tersebut akan mudah masuk ke dalam tubuh melalui mulut jika kamu terbiasa menggigit kuku. Penyakitpun bisa saja muncul seperti masalah pencernaan.

3. Rutin perawatan

Perawatan kuku yang lazim dilakukan adalah menicure dan pedicure. Jenis perawatan ini dilakukan dengan membersihkan kulit area kuku dengan losion yang dirancang untuk mengelupasi kulit. Tujuannya agar sel kulit mati di area kuku terangkat dan menjadi halus.

4. Gunakan Pelembap

Tidak hanya tubuh, kulit juga membutuhkan pelembap agar kuku tetap sehat. Gunakan pelembap mulai dari tangan hingga ke semua ujung kuku. Namun kamu perlu mencuci tangan sampai bersih sebelum melakukannya.

5. Memotong kuku

Perawatan paling sederhana adalah memotong kuku. Jika sudah panjang, segeralah memotongnya agar tidak menimbulkan bakteri atau kuman-kuman yang bersarang di bawah kuku yang panjang.

Nah itulah tips merawat kuku. Selamat mencoba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement