Advertisement

Flemish Giant, Kelinci Terbesar di Dunia yang Seukuran Anjing

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 18 November 2022 - 00:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Flemish Giant, Kelinci Terbesar di Dunia yang Seukuran Anjing Flemish Giant, kelinci terbesar di dunia. - Stamatisclan - Wikimedia Commons

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kelinci merupakan hewan yang kerap jadi peliharaan, selain anjing dan kucing. Hewan imut berbulu dengan telinga panjang terkulai ini sungguh menggemaskan hingga banyak disukai anak-anak.

Meski demikian, jangan kaget jika menemui kelinci berukuran jumbo, yang bahkan besarnya seukuran anjing. Berbeda dengan kelinci kecil, Flemish Giants dianggap sebagai salah satu ras kelinci terbesar di dunia.

Advertisement

Melansir Oddity Central, kelinci ini biasanya memiliki berat sekitar 10 kg, dengan Flemish Giant terbesar di dunia berukuran berat 22 kg dan panjang 1,3 meter. Trah kelinci ini memiliki ciri-ciri mencolok berupa sepasang telinga yang besar, tegak, dan runcing, kepala yang sangat besar, tubuh yang memanjang, dan bokong yang sepenuhnya melingkar.

Meskipun ukurannya yang raksasa membuat Anda takut, namun pada dasarnya hewan ini tergolong jinak. Mereka bahkan dianggap cukup ramah di depan orang, termasuk anak-anak.

Banyak orang di seluruh dunia memelihara kelinci Flemish Giant ini sebagai hewan peliharaan. Namun, karena ukurannya yang sangat besar, mereka mengonsumsi makanan dalam jumlah besar dibandingkan dengan ras yang lebih kecil dan membutuhkan tempat tinggal yang luas.

Dikenal sebagai "Raja Kelinci", Flemish Giant mulai dibiakkan di Flanders, Belgia karena bulunya yang mahal dan dagingnya yang lezat. Meski demikiannya, karena rasio tulang-ke-dagingnya yang tinggi, hewan ini menjadi kelinci pertunjukan.

Selain itu, jenis kelinci ini dipercaya telah ada di planet ini sejak abad ke-16. Flemish Giant konon termasuk salah satu kelinci ras daging dan bulu, seperti Belgian Stone Rabbit atau Steenkonijn.

Kini, kelinci berukuran super ini sering muncul di beberapa acara pertunjukkan. Flemish Giant juga menjadi terkenal dan orang-orang mulai memilih hewan menggemaskan ini sebagai teman mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement