Advertisement

Banyak Tren Kosmetik Baru Muncul Selama Pandemi, Apa Saja?

Newswire
Rabu, 26 Oktober 2022 - 04:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Banyak Tren Kosmetik Baru Muncul Selama Pandemi, Apa Saja? Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pandemi mempengaruhi banyak hal, salah satunya dunia kosmetik. Rupanya, periode pandemi turut membuat munculnya tren kosmetik baru.

Tim ahli Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia (PERKOSMI) Nuning S. Barwah mengatakan tren baru muncul selama masa pandemi Covid-19, salah satunya kosmetik vegan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kosmetik vegan artinya hanya mengandung bahan dasar tanaman, tidak memiliki kandungan yang berasal dari hewan, dan tak melakukan pengujian menggunakan hewan.

Nuning juga menyebutkan bahwa kosmetik organik, kosmetik dengan bahan baku sedikit air atau less water, dan bahan baku kosmetik dari limbah juga menjadi tren.

Hal ini diungkapkannya saat menjadi juri ajang Innovation Zone dalam pameran Indonesia Cosmetic Ingredients (ICI) 2022 itu di Jakarta, Selasa (25/10/2022). Menurutnya, kreasi para produsen kosmetik dalam memilih bahan baku menjadi salah satu parameter dalam menentukan pemenang dalam kategori Innovation Zone di ICI 2022.

Selain bahan baku, cara dan bagaimana bahan baku dikreasikan serta pembuktian bahwa bahan baku yang digunakan aman juga menjadi parameter dalam penjurian.

"Kami menyiapkan area yang namanya Innovation Zone, merangsang bisa menghasilkan bahan baku lokal. Targetnya bagaimana kami mencoba menciptakan local content, diproduksi bangsa Indonesia," tutur Nuning.

ICI 2022 bertajuk Grab your Cosmetics Market with the latest trend and technology bertujuan untuk mempertemukan antara pelaku bisnis sediaan jadi kosmetika dengan pemasok bahan baku, kemasan dan mesin dan berbagai negara.

Sementara itu, terkait kosmetika, Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik Badan POM Reri Indriani mendukung pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengembangan kosmetika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Simak! Cara Daftar KIP Kuliah 2023

News
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Traveloka Dorong Digitalisasi Pariwisata di DIY

Wisata
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement