Advertisement

Tak Harus Gunakan Paracetamol, Berikut Cara Alami Turunkan Panas pada Anak

Nugroho Meidinata
Rabu, 19 Oktober 2022 - 11:27 WIB
Jumali
Tak Harus Gunakan Paracetamol, Berikut Cara Alami Turunkan Panas pada Anak Foto ilustrasi. - Reuters/Srdjan Zivulovic

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO -- Saat anak demam atau panas, orang tua biasanya akan memberikan obat penurun panas, yakni Paracetamol. Padahal selain Paracetamol, terdapat bebebrapa cara alami yang bisa menurunkan demam pada si kecil.

Demam merupakan tanda bahwa sistem imun sedang bekerja melawan infeksi virus, bakteri, jamur, maupun zat asing lain yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Advertisement

BACA JUGA : 4 Paracetamol yang Diduga Sebabkan Gagal Ginjal Akut

Untuk mengatasi demam pada anak, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Namun, kebanyakan orang tua akan memberikan obat jenis Paracetamol untuk menurunkan panas.

Tetapi, tak melulu menggunakan Paracetamol sebagai obat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi demam pada anak yang sifatnya bisa sebagai penurun panas. Berikut ini beberapa cara alaminya, sebagaimana dikutip dari situs resmi Dinas Kesehatan Kalimantan Barat.

Selain Paracetamol, 6 Cara Alami sebagai Penurun Panas pada Anak

1. Minum Banyak Cairan

Cara menurunkan demam pada anak di rumah yang tidak boleh dilewatkan adalah memastikan anak senantiasa terpenuhi kebutuhan cairannya. Namun, meminta anak untuk mau minum air putih terkadang menjadi tantangan yang cukup berat saat sakit. Oleh karena itu, kita dapat memilih cairan lain yang mungkin lebih menarik perhatiannya, seperti kaldu ayam hangat maupun jus buah encer.

2. Beristirahat

Bukan hanya minum obat Paracetamol untuk penurun panas, anak juga diminta beristirahat saat demam.

Terkadang, anak-anak tidak bisa diam saat dirinya sedang demam. Padahal, mereka disarankan untuk beristirahat sampai demamnya mereda.

3. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat dianggap sebagai cara mengatasi anak demam yang cukup efektif. Sebab, air hangat dipercaya bisa menurunkan demam. Jika anak tidak mau mandi, kita bisa memberikan kompres hangat di bagian keningnya untuk meredakan demam yang dialami si kecil.

4. Menyejukkan Tubuh Anak

Tak hanya minum obat Paracetamol sebagai penurun panas, orang tua juga bisa menyejukkan tubuh si kecil untuk menurunkan demam. Beberapa di antaranya, menggunakan pakaian yang tipis, tidak menggunakan selimut, hingga lap tubuh anak dengan air hangat.


5. Minum Air Jahe

Cara mengatasi anak panas secara tradisional yang bisa dicoba adalah meminum jahe. Rempah ini memiliki senyawa antibakteri yang membuatnya dianggap efektif melawan demam.

6. Kompres Air Hangat

Selain memakai obat Paracetamol untuk penurun panas, kompres air hangat termasuk cara menurunkan panas pada balita yang tergolong efektif. Cobalah kompres bagian ketiak dan selangkangan selama 10-15 menit untuk mengeluarkan panas lewat pori-pori tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dugaan Pelanggaran Wewenang, Wakil Ketua KPK Laporkan Anggota Dewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement