Advertisement

Dunia Lawak Tanah Air Berduka, Eddy Gombloh Meninggal Dunia

Newswire
Kamis, 04 Agustus 2022 - 20:27 WIB
Arief Junianto
Dunia Lawak Tanah Air Berduka, Eddy Gombloh Meninggal Dunia Tangkapan layar film Eddy Gombloh. - Youtube

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Pelawak senior Eddy Gombloh yang bernama asli Supardi tutup usia pada umur 80 tahun, Kamis (4/8/2022). Eddy Gombloh yang lahir di DIY pada 17 Agustus 1941 ini dikenal sebagai pemeran pendukung di film-film Benyamin Sueb.

"Beliau meninggal di DIY [RSUP dr. Sardjito], lumayan cukup panjang umur kalau kita pikir. Dari dulu beliau komedian populer di Indonesia bersama Ateng," kata Humas Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI), Evry Joe dalam pesan suara, Kamis.

Advertisement

Dalam wawancara bersama Humoria Indonesia yang diunggah di Youtube tahun lalu, Eddy Gombloh mengungkapkan kedekatannya dengan Benyamin Sueb bagaikan pinang dibelah dua.

BACA JUGA: Momentum Comeback, Gong Production Suguhkan Efek Rumah Kaca sampai FSTVLST di Breksi

Dia mengenal Benyamin sejak masa awal berkarier. Eddy biasanya tampil sebagai sosok lugu yang dijahili oleh Benyamin dalam film-film komedi.

Dia aktif berakting di era 1970-an hingga awal 1990, seperti dalam film Djembatan Emas, Benyamin Tukang Ngibul, Inem Pelayan Sexy, dan Apa Ini Apa Itu. Di masa tuanya, ia menetap di Sleman, DIY.

Rencananya, Eddy Gombloh akan dimakamkan di TPU Tegal Alur Cengkareng, Jakarta, Jumat (5/8/2022) pukul 12.00 WIB. 

Evry Joe berharap para komedian senior seperti Eddy Gombloh diberi penghargaan dan lebih diperhatikan oleh asosiasi komedian, pemerintah maupun swasta atas karya-karyanya yang menghibur beberapa generasi, tak hanya di Indonesia, tetapi juga negeri tetangga seperti Malaysia.

Menurut dia, komedian senior seperti Eddy Gombloh, Ateng, dan S. Bagio adalah penampil sejati yang karyanya masih digemari hingga saat ini.

"Mestinya kita gugah pemerintah, harus beri penghargaan kepada senior-senior yang sudah memberi karyanya, yang sudah menghibur bangsa dan negara kita, sampai ke internasional."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement