Advertisement

Tentang Unprecedented, Dokumenter yang Ungkap Tragedi 6 Januari dan Donald Trump

Sirojul Khafid
Selasa, 12 Juli 2022 - 05:27 WIB
Sirojul Khafid
Tentang Unprecedented, Dokumenter yang Ungkap Tragedi 6 Januari dan Donald Trump Donald Trump. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Discovery+ menyuguhkan serial documenter Unprecedented. Documenter ini berkisah tentang Donald Trump selama pemilihan 2020 serta setelah kerusuhan 6 Januari. Rilis sejak Minggu (10/7/2022), pembuat film Alex Holder diberi akses tanpa batas ke Donald Trump dan keluarganya.

Serial ini juga digunakan oleh komite 6 Januari, untuk menjadi materi nonton bersama. Materi yang terkandung di dalamnya diharapkan menjadi pemahaman para komite dalam memahami situasi atau tragedy 6 Januari.

Advertisement

Seperti yang kita tahu, pada 6 Januari 2020, ratusan atau bahkan ribuan orang menyerbu gedung Capitol, Amerika Serikat. Lima orang tewas dan ratusan menjadi tersangka. Hal ini terjadi setelah mereka menduga adanya kecurangan dalam pemilihan presiden AS tahun 2020.

Salah satu cerita dalam dokumenter, Trump tidak menganggap para penyerbu di Gedung Capitol bersalah. Dia bahkan menganggap mereka sebagai orang yang pintar.

BACA JUGA: Sinopsis Dokumenter Netflix How Change Your Mind

Sebagai gambaran dokumenter, dilansir dari Variety, berikut adalah enam poin pentingnya.

  1. Donald Trump menyebut perusuh 6 Januari sebagai orang yang ‘pintar’

Presiden ke-45 ini melihat kerusuhan 6 Januari sebagai hari yang menyedihkan, tetapi bukan karena itu adalah serangan kekerasan terhadap demokrasi yang menewaskan lima orang. Tidak, karena para pendukungnya percaya bahwa pemilihan itu dicurangi. Dia juga menganggap hanya sedikit dari mereka yang benar-benar melanggar US Capitol.

“Orang-orang pergi ke Washington terutama karena mereka marah dengan pemilihan yang mereka pikir dicurangi,” kata Trump dalam sebuah wawancara pasca-kerusuhan. “Bagian yang sangat kecil, seperti yang Anda tahu, pergi ke Capitol, dan kemudian sebagian kecil dari mereka masuk. Tapi saya akan memberitahu Anda bahwa mereka marah dari sudut pandang apa yang terjadi dalam pemilihan karena mereka pintar— dan mereka melihat, dan mereka melihat, apa yang terjadi. Dan saya percaya bahwa itu adalah bagian besar dari apa yang terjadi pada 6 Januari.”

Orang lain di lingkungan Trump, seperti Donald Trump Jr. dan Ivanka Trump yang biasanya fasih, tidak akan menjawab pertanyaan tentang penyerbuan Capitol. “Mari kita lewati tanggal 6,” Eric Trump memberi tahu Holder ketika ditanya.

  1. Georgia di pikirannya

Dalam beberapa pekan setelah pemilihan, orang-orang Trump berlarian di seluruh negeri menjajakan teori konspirasi. Mereka mencoba menghentikan penghitungan suara di negara-negara bagian, khususnya negara yang Trump unggul.

Tetapi ada satu negara bagian yang tidak mau melakukannya, dan itu adalah Georgia. Gubernur Brian Kemp dan Menteri Luar Negeri Brad Raffensperger menolak untuk membantu presiden membatalkan kemenangan Joe Biden.

“Anda tidak dapat mengadakan pemilihan yang tidak berarti,” kata Trump. “Kami memiliki seorang gubernur, orang malang itu tidak tahu apa yang sedang terjadi.”

Trump tampaknya sangat jengkel karena mereka tidak akan menerima klaim penipuannya yang tidak berdasar. "Mereka tidak ingin melakukannya dan mereka Republikan," katanya. “Apa masalah mereka? Mereka bodoh. Mereka adalah orang-orang bodoh.”

  1. Ini urusan keluarga

Dokumentasi Holder menghabiskan banyak waktu pada dinamika keluarga yang rumit dari klan Trump. Ada Ivanka, Don Jr., dan Eric. Salah satu pembahasan terkait potensi anak Trump yang terjun ke politik.

“Ketiganya memiliki pengikut yang luar biasa,” kata Trump. “Mereka punya markas… itu bagian dari markasku.”

Apakah ada yang akan terjun ke politik? Eric mengatakan dia fokus pada keluarga, sementara Ivanka mengatakan bahwa dia menikmati berada di luar Beltway dengan "anak-anak"-nya. Tapi Don Jr. jelas menikmati pujian yang dia terima di jalur kampanye, dan tampaknya paling bersemangat untuk mencari jabatan yang lebih tinggi.

“Saya akan tetap terlibat, karena saya pikir kami membutuhkan seseorang yang bersedia memulai percakapan sulit yang mungkin dilakukan oleh banyak konservatif, sebut saja terlalu pemalu [sic], untuk pernah pergi ke sana,” jelasnya.

BACA JUGA: Dua Pertunjukan Spesial Stand Up Comedy yang Tayang di Netflix Bulan Ini

  1. Larangan di Twitter … dan preman

Pada hari-hari setelah kerusuhan 6 Januari, Trump dikeluarkan dari Twitter, Facebook, dan situs media sosial lainnya, merampas megafon penting darinya. Dan Trump terlihat tidak terlalu senang kehilangan hak istimewanya untuk men-tweet.

“Sungguh memalukan apa yang dilakukan Twitter, dan apa yang dilakukan Facebook,” kata Trump. “Itulah yang mereka lakukan. Orang-orang ini adalah preman. Mereka membiarkan orang lain menjadi orang yang mengerikan. Saya bukan orang yang mengerikan. Saya memiliki suara yang besar. Saya memiliki suara yang didengarkan oleh ratusan juta orang.”

  1. Tentang Mike Pence

Salah satu momen paling aneh dari keseluruhan seri adalah ketika Mantan Wakil Presiden Mike Pence menyela wawancaranya dengan Holder. Dia menerima email dengan rancangan resolusi kongres yang menuntut dia meminta amandemen ke-25 untuk menghapus Trump dari kekuasaan.

"Katakan pada Zach untuk mencetakkanku hard copy untuk perjalanan pulang," Pence bertanya pada seorang ajudan sambil memberikan seringai sedih.

“Saya selalu berharap tentang Amerika,” kata Pence. "Saya selalu percaya bahwa hari-hari terbaik Amerika belum datang."

  1. Apa yang diharapkan pada tahun 2024

Trump tidak mengatakan akan mencalonkan diri pada pemilihan tahun 2024. Meski potensi itu juga terbuka.

“Kami memiliki basis yang luar biasa,” kata Trump. “Setiap jajak pendapat mengatakan saya harus mencalonkan diri, saya harus mencalonkan diri. Tapi saya akan membuat keputusan dalam waktu yang tidak terlalu lama, dan tetap disini.”

Dan Eric Trump menjelaskan apabila karir Trump belum berakhir.

"Apakah saya pikir politik sudah berakhir untuk keluarga ini?" dia merenung. “Tidak, saya dapat meyakinkan Anda bahwa politik belum berakhir untuk keluarga ini dalam beberapa bentuk atau bentuk. Saya pikir ayah saya akan terus menjadi kekuatan paling penting dalam sejarah partai Republik.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah dan DPR Didesak Segera Mengesahkan RUU Perampasan Aset

News
| Jum'at, 19 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement