Advertisement

Sebaiknya Berapa Kali Ganti Pembalut saat Haid?

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 06 Juli 2022 - 09:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sebaiknya Berapa Kali Ganti Pembalut saat Haid? Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Perempuan yang sedang mengalami menstruasi atau haid perlu menjaga kebersihan area kewanitaan selama siklus itu berlangsung. Rutin mengganti pembalut adalah salah satu cara agar area kewanitaan tetap terjaga kebersihannya.

Menstruasi sendiri merupakan proses dimana organ reproduksi wanita untuk bersiap jika terjadi kehamilan. Proses ini ditandai dengan penebalan dinding rahim yang berisi pembuluh darah. Jika kehamilan tidak terjadi, endometrium akan luruh dan keluar bersama darah saat menstruasi.

Advertisement

Saat menstruasi, wanita wajib menjaga kebersihan organ intimnya untuk menghindari adanya kotoran yang memicu terjadinya penyakit. Lantas, berapa kali sebaiknya ganti pembalut saat menstruasi?

Baca juga: Dimulai pada Usia 9-12 Tahun, Ini Tanda-tanda Menstruasi yang Sehat

Dilansir dari Halodoc, pembalut membantu menampung dan menyerap darah menstruasi. Masing-masing wanita akan memiliki aliran darah haid yang berbeda. Ada yang keluar sangat banyak, ada yang wajar.

Kebersihan selama menstruasi tidak bergantung pada merek pembalut. Apapun pembalut yang dipilih, seorang wanita harus tetap menggantinya secara teratur. Selain rasa nyaman, mengganti pembalut secara teratur akan mencegah kamu mengalami infeksi bakteri dari darah haid.

Selain alasan kesehatan, saat volume darah yang keluar sangat deras, pembalut bisa saja mengalami kebocoran, karena tidak cukup menyerap darah yang keluar. Untuk mengantisipasinya, saat aliran darah deras, kamu disarankan untuk lebih rutin mengganti pembalut, setiap 4-6 jam sekali. Hal tersebut berarti, kamu disarankan untuk mengganti pembalut sebanyak 4-6 kali sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement