Advertisement

Mengenal Gejala Epilepsi, Kapan Harus ke Dokter?

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 18 Juni 2022 - 11:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mengenal Gejala Epilepsi, Kapan Harus ke Dokter? Campi, maskot hari epilepsi internasional - epilepsi.org

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Penyakit epilepsi adalah gangguan sistem saraf pusat (neurologis) di mana aktivitas otak menjadi tidak normal, menyebabkan kejang atau periode perilaku yang tidak biasa, sensasi dan terkadang kehilangan kesadaran.

Siapapun dapat mengalami epilepsi, baik pria dan wanita dari semua ras, latar belakang etnis dan usia.

Advertisement

Gejala kejang dapat sangat bervariasi. Beberapa orang dengan epilepsi hanya menatap kosong selama beberapa detik selama kejang, sementara yang lain berulang kali menggerakkan lengan atau kaki mereka. Mengalami kejang tunggal tidak berarti Anda menderita epilepsi. Setidaknya dua kejang tanpa pemicu yang diketahui (kejang tak beralasan) yang terjadi setidaknya 24 jam biasanya diperlukan untuk diagnosis epilepsi.

Pengobatan dengan obat-obatan atau kadang-kadang pembedahan dapat mengontrol kejang untuk sebagian besar penderita epilepsi. Beberapa orang memerlukan perawatan seumur hidup untuk mengendalikan kejang, tetapi bagi orang lain, kejang akhirnya hilang. Beberapa anak dengan epilepsi dapat mengatasi kondisi seiring bertambahnya usia.

Gejala epilepsi

Karena epilepsi disebabkan oleh aktivitas abnormal di otak, kejang dapat memengaruhi setiap proses koordinasi otak Anda. Tanda dan gejala kejang mungkin termasuk:

  1. Kebingungan sementara
  2. Mantra menatap
  3. otot kaku
  4. Gerakan menyentak tak terkendali dari lengan dan kaki
  5. Kehilangan kesadaran atau kesadaran
  6. Gejala psikologis seperti ketakutan, kecemasan atau deja vu

Gejala bervariasi tergantung pada jenis kejang. Dalam kebanyakan kasus, seseorang dengan epilepsi akan cenderung memiliki jenis kejang yang sama setiap kali, sehingga gejalanya akan serupa dari episode ke episode.

Dokter umumnya mengklasifikasikan kejang sebagai fokal atau umum, berdasarkan bagaimana dan di mana aktivitas otak abnormal dimulai.

Kejang fokal

Ketika kejang muncul akibat aktivitas abnormal hanya di satu area otak Anda, itu disebut kejang fokal. Kejang ini terbagi dalam dua kategori:

Kejang fokal tanpa kehilangan kesadaran. Pernah disebut kejang parsial sederhana, kejang ini tidak menyebabkan hilangnya kesadaran. Mereka dapat mengubah emosi atau mengubah cara hal-hal terlihat, bau, rasa, rasa atau suara. Beberapa orang mengalami deja vu.

Jenis kejang ini juga dapat mengakibatkan sentakan tak disengaja pada satu bagian tubuh, seperti lengan atau kaki, dan gejala sensorik spontan seperti kesemutan, pusing, dan lampu berkedip.

Kejang fokal dengan gangguan kesadaran. Pernah disebut kejang parsial kompleks, kejang ini melibatkan perubahan atau hilangnya kesadaran atau kesadaran. Kejang jenis ini mungkin tampak seperti berada dalam mimpi. Selama kejang fokal dengan gangguan kesadaran, Anda mungkin menatap ke luar angkasa dan tidak merespons lingkungan Anda secara normal atau melakukan gerakan berulang, seperti menggosok tangan, mengunyah, menelan, atau berjalan berputar-putar.

Gejala kejang fokal dapat dikacaukan dengan gangguan neurologis lainnya, seperti migrain, narkolepsi, atau penyakit mental. Pemeriksaan dan pengujian menyeluruh diperlukan untuk membedakan epilepsi dari gangguan lain.

Kejang umum

Kejang yang tampaknya melibatkan semua area otak disebut kejang umum. Enam jenis kejang umum ada.

1. Absen kejang

Kejang absen, sebelumnya dikenal sebagai kejang petit mal, biasanya terjadi pada anak-anak. Mereka dicirikan dengan menatap ke luar angkasa dengan atau tanpa gerakan tubuh yang halus seperti mengedipkan mata atau mengecup bibir dan hanya berlangsung antara 5-10 detik. Kejang ini dapat terjadi dalam kelompok, terjadi sesering 100 kali per hari, dan menyebabkan hilangnya kesadaran singkat.

2. Kejang tonik

Kejang tonik menyebabkan otot kaku dan dapat mempengaruhi kesadaran. Kejang ini biasanya mempengaruhi otot-otot di punggung, lengan dan kaki Anda dan dapat menyebabkan Anda jatuh ke tanah.

3. Kejang atonik

Kejang atonik, juga dikenal sebagai kejang drop, menyebabkan hilangnya kontrol otot. Karena ini paling sering mempengaruhi kaki, sering menyebabkan Anda tiba-tiba pingsan atau jatuh.

4. Kejang klonik

Kejang klonik berhubungan dengan gerakan otot yang menyentak berulang atau berirama. Kejang ini biasanya mempengaruhi leher, wajah dan lengan.

5. Kejang mioklonik

Kejang mioklonik biasanya muncul sebagai sentakan atau kedutan singkat yang tiba-tiba dan biasanya mengenai tubuh bagian atas, lengan dan kaki.

6. Kejang tonik-klonik

Kejang tonik-klonik, sebelumnya dikenal sebagai kejang grand mal, adalah jenis kejang epilepsi yang paling dramatis. Mereka dapat menyebabkan hilangnya kesadaran secara tiba-tiba dan tubuh menjadi kaku, berkedut dan gemetar. Mereka terkadang menyebabkan hilangnya kontrol kandung kemih atau menggigit lidah Anda.

Kapan harus ke dokter?

Kejang berlangsung lebih dari lima menit.
Pernapasan atau kesadaran tidak kembali setelah kejang berhenti.
Kejang kedua segera menyusul.
Anda demam tinggi.
Anda hamil.
Anda menderita diabetes.
Anda telah melukai diri sendiri selama kejang.
Anda terus mengalami kejang meskipun Anda telah minum obat anti kejang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement