Advertisement

Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Manfaat Daun Kelor

Alifian Asmaaysi
Rabu, 18 Mei 2022 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Manfaat Daun Kelor Daun kelor - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Daun Kelor atau tumbuhan yang memiliki nama lain Moringa oleifera adalah salah satu tumbuhan yang banyak dikenal karena segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain dapat diolah menjadi sayur, daun kelor juga banyak dikenal sebagai tanaman obat-obatan. Daun Kelor terbukti mengandung banyak nutrisi yang sangat penting untuk tubuh.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Tumbuhan ini kaya akan gizi karena mengandung protein, lemak, vitamin A, vitamin B1, riboflavin (B2), niacin (B3), vitamin C, kalsium, karbohidrat, tembaga, serat, zat besi, magnesium, hingga fosfor.

Dengan segudang kadar gizi tersebut, lantas apa saja manfaat yang dimiliki daun kelor bagi kesehatan? Berikut 5 manfaat daun kelor.

Meskipun penelitian terhadap daun kelor masih terus dilakukan, tetapi studi awal menunjukkan bahwa daun kelor dapat membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan. 

5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh 

1. Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis adalag Gangguan inflamasi kronis yang memengaruhi banyak sendi, termasuk di tangan dan kaki. Ekstrak daun kelor diketahui dapat menurunkan berbagai masalah kesehatan seperti pembengkakan, kemerahan, dan nyeri pada cairan .

2. Diabetes

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa protein seperti insulin yang ditemukan di kelor dapat membantu menurunkan gula darah . Bahan kimia tanaman yang ditemukan di daun dapat membantu tubuh memproses gula dengan lebih baik, dan itu dapat memengaruhi cara tubuh melepaskan insulin.

3. Kanker

Dalam tes laboratorium, ekstrak daun kelor dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker pankreas dan membantu kemoterapi bekerja lebih baik. Studi laboratorium lain menunjukkan bahwa daun kelor, kulit kayu, dan akar semuanya memiliki efek anti-kanker yang mungkin mengarah pada obat baru .

4. Mengatasi Masalah Memori

Beberapa ahli berpikir bahwa antioksidan dan bahan kimia tanaman yang meningkatkan kesehatan lainnya dapat menyembuhkan stres dan peradangan di otak. 

5. Mencegah Masalah Kardiovaskular

Sudah sejak lama daun kelor dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat mencegah permasalahan kardiovaskular seperti meningkatkan kesehatan jantung.

Menurut sebuah studi yang dilakukan pada hewan, daun kelor terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan dapat mencegah gangguan pembuluh darah terkait usia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rituxikal, Obat Kanker Asli Buatan Indonesia Kini Resmi Kantongi Izin Edar BPOM

News
| Senin, 30 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Pantai Nglambor, Surganya Biota Laut Gunungkidul

Wisata
| Senin, 30 Januari 2023, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement