Advertisement

Ini 2 Pendakwah Muda yang Kerap Viral di Tiktok

Sunartono
Sabtu, 23 April 2022 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ini 2 Pendakwah Muda yang Kerap Viral di Tiktok Husain Basyaiban (kiri) dan Agam Fachrul Samudra, pendakwah muda yang sering viral di Tiktok. - TikTok.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Akhir-akhir bermunculan pendakwah dari kalangan milenial yang menyampaikan pesan positif lewat media sosial terutama Tiktok. Menggunakan gaya milenial cara ini dilakukan untuk berusaha menebar kebaikan antarsesama.

Ada dua selebgram sekaligus pendakwah muda yang kerap viral di Tiktok dengan jumlah penonton setiap unggahan mencapai jutaan. Keduanya adalah Agam Fachrul Samudra dan Husain Basyaiban atau dikenal di medsos dengan nama Basyasman.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Berdasarkan penelusuran Harianjogja.com, selama Ramadan ini Basyasman melalui akun Tiktok @basyasman00 mengunggah sebanyak 24 video di Tiktok yang sebagian besar merupakan pesan-pesan positif. Setiap video rata-rata dilihat lebih dari 200.000 kali, sebanyak tujuh video di antaranya dilihat di atas 1 juta kali.

Dua diantaranya terbanyak yaitu saat ia mengingatkan mereka yang masih berhutang puasa Ramadan yang diunggah pada 1 April 2022 lalu dengan jumlah 17 juta penonton dan dikomentari sebanyak 61.300 akun Tiktok. Serta video berisi tentang adab Nabi saat memakan kurma yang dilihat 12,3 juta kali dan dikomentari sebanyak 14.400 akun.

Baca juga: Gagal Paham, Milenial Mengira Pakiwan adalah Pemilik Toilet di Gunungkidul, padahal Artinya Ini

Sedangkan Agam Fachrul Samudra melalui akun Tiktok @heyouw0 rata-rata penonton video yang diungah dengan jumlah penonton di atas 1 juta. Ia memiliki follower sebanyak 1,5 juta. Berbeda dengan Basyasman memiliki follower sebanyak 5,1 juta.

Agam dikenal sebagai pendakwah asal Cimahi yang sering menyiarkan ceramahnya melalui platform media sosial TikTok. Ia biasa menyebut dirinya sendiri sebagai Hyung atau istilah yang berasal dari bahasa Korea Selatan yang berarti kakak laki-laki. Hal itu dilakukan untuk menarik jemaahnya yang berasal dari kalangan milenial.

Sedangkan Basyasman memiliki nama asli Husain Basyaiban merupakan selebgram TikTok yang berasal dari Madura lahir pada 12 Agustus 2002. Saat ini sedang menempuh pendidikan sarjana di UIN Surabaya. Dalam berbagai kesempatan Husain mengaku tidak ingin dipanggil dengan sebutan ustaz, syekh hingga habib. “Saya meminta pengikutnya agar memanggil dengan sebutan Husain hingga kak atau dek Husain,” ujar Basyasman.

Keduanya pernah melakukan proyek sosial bersama melalui program Donasi Al-Qur’an Abas untuk membantu pondok pesantren yang kekurangan persediaan Al-Qu’ran. Melalui platform GoPlay, keduanya mengajak penonton untuk mengirimkan Virtual Gift ketika mereka sedang melakukan live streaming hingga berhasil mewujudkan gerakan donasi tersebut.

Dari hasil akumulasi Virtual Gift revenue itu lah program Donasi Al-Qur’an Abas ini bisa berjalan. Donasi salah satunya diberikan ke pesantren Al-Hidayah di Bojonegoro, Jawa Timur karena memiliki banyak santri, namun jumlah Al-Qur’an tidak sebanding. Selain itu kondisi pesantren berada jauh dari kota dan toko.

“Bermanfaat untuk orang banyak dengan bisa membangun komunitas adalah hal yang bisa membuat kami bisa mensyukuri atas apa yang kami miliki,” kata Agam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Rusun di 2023 Ditarget 5.379 Unit, Termasuk untuk Pekerja IKN

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement