Advertisement

Alasan Kita Tidak Boleh ke Toilet Pesawat saat Landing maupun Take Off

Newswire
Senin, 24 Januari 2022 - 17:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Alasan Kita Tidak Boleh ke Toilet Pesawat saat Landing maupun Take Off Ilustrasi pesawat terbang - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Pernahkah Anda diminta untuk tidak ke toilet pesawat saat pesawat akan siap terbang (take off) maupun saat akan mendarat (landing)?

Melansir Mirror, seorang pramugari memaparkan, jeda yang diambil saat ada penumpang yang menggunakan toilet akan menyebabkan penerbangan ditunda hingga penumpang tersebut selesai. Penundaan tersebut dilakukan atas alasan keselamatan.

Advertisement

Berdasarkan hukum, pilot tidak diizinkan untuk menerbangkan pesawat di saat penumpang tidak duduk dengan baik di bangkunya dan tidak menggunakan sabuk pengaman. Apabila pramugari yang bertugas mendapati toilet sedang digunakan oleh penumpang saat hendak lepas landas, maka ia harus memperingatkan pilot untuk menunggu.

Pesawat hanya akan diterbangkan apabila seluruh prosedur keamanan terpenuhi. Sehingga awak kabin akan menunggu penumpang tersebut kembali ke tempat duduknya.

Baca juga: Ingin Revisi Data di KIA? Berikut Caranya

Ia menegaskan, prosedur keamanan tersebut dilakukan bukan hanya karena alasan keamanan, tapi juga merupakan tindakan taat hukum. "Begitu pesawat bergerak, kita selalu punya rasa takut apabila ada penumpang yang jatuh. Karena hal tersebut juga menjadi bagian dari tanggung jawab kami apabila penumpang tersebut jatuh, karena kapten tidak tahu," ujarnya.

Begitu semua penumpang berada di tempat duduknya masing-masing, pesawat akan diterbangkan sesuai dengan prosedur. Jadi, jika kamu tidak ingin penerbanganmu ditunda, lebih baik gunakan kamar kecil saat berada di bandara atau saat pesawat sudah terbang di angkasa.

Artikel ini telah tayang Okezone dengan judul "Dear Traveler, Ternyata Ini Alasan Tak Boleh Gunakan Toilet Pesawat Saat Take Off

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dubes Ukraina Apresiasi Proposal Perdamaian dari Prabowo

News
| Senin, 11 Desember 2023, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Cari Tempat Seru untuk Berkemah? Ini Rekomendasi Spot Camping di Gunungkidul

Wisata
| Rabu, 06 Desember 2023, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement