Advertisement

Sakit Pinggang Akibat Terlalu Lama Duduk? Begini Cara Mengatasinya

Aliftya Amarilisya
Rabu, 01 September 2021 - 22:37 WIB
Bhekti Suryani
Sakit Pinggang Akibat Terlalu Lama Duduk? Begini Cara Mengatasinya Ilustrasi sakit pinggang - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO - Lumbago atau sakit pinggang tak hanya terjadi pada lansia. Gangguan kesehatan yang satu ini juga dapat terjadi di kalangan usia produktif lantaran beberapa faktor, seperti terlalu lama duduk.

Umumnya, gejala yang muncul meliputi rasa panas, nyeri, terasa kesemutan, hingga kaku pada area sekitar pinggang. Mulanya, pinggang pun akan sedikit terasa pegal, lalu lama-kelamaan muncul pula rasa menusuk yang membuat Anda sulit bergerak dan bahkan berdiri tegak.

Advertisement

Namun demikian, Anda tak perlu khawatir. Jika masih dalam derajat ringan, rasa sakit tersebut bisa diredakan dengan cara-cara sederhana. Berikut adalah sejumlah tips yang bisa Anda lakukan.

1. Mengubah posisi duduk
Cara pertama adalah dengan membiasakan diri untuk mengubah posisi duduk dan bahkan berdiri. Langkah ini berguna untuk melemaskan otot-otot pinggang.

2. Rebahkan badan
Jika sudah duduk selama berjam-jam, ada baiknya Anda mengistirahatkan diri sebentar dengan merebahkan tubuh. Pastikan badan ada dalam posisi telentang, sehingga tulang pinggang pun bisa beristirahat.

3. Pilih kursi yang tepat
Meski terkesan sepele, pemilihan kursi ini sebetulnya penting untuk diperhatikan, lho. Kursi yang tepat tentunya dapat menopang pinggang dengan sempurna.

4. Perbanyak gerak
Banyak orang menjadi malas bergerak jika sudah duduk. Padahal, obat sakit pinggang yang alami pada dasarnya hanyalah tetap aktif bergerak. Namun demikian, Anda tidak perlu melakukan gerakan yang berat dan bahkan ekstrem karena hanya akan meningkatkan rasa sakit. Cukup lakukan aktivitas yang ringan, seperti jalan, maka sakit yang dirasa pun akan berkurang.

5. Berendam air hangat
Berendam air hangat bisa membuat saraf dan otot pinggang yang menegang jadi mengendur, sehingga tubuh pun bisa lebih rileks. Tak cuma itu, berendam air hangat juga dapat melancarkan sirkulasi darah serta merangsang produksi hormon dopamin guna melawan stres.

6. Gunakan koyo atau gel hangat
Alternatif lain yang bisa meredakan sakit pinggang adalah dengan menggunakan koyo atau gel hangat. Sensasi hangat yang keluar bermanfaat untuk meredakan nyeri pada otot dan sendi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement