Advertisement

Bisa Dialami tanpa Sadar, Ini 6 Jenis Depresi dan Gejalanya

Ni Luh Anggela
Senin, 30 Agustus 2021 - 18:37 WIB
Nina Atmasari
Bisa Dialami tanpa Sadar, Ini 6 Jenis Depresi dan Gejalanya Depresi - everydayhealth

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Banyak hal terjadi dalam hidup manusia. Beberapa mengalami kesedihan yang me dalam. Umumnya, perasaan itu memudar dalam beberapa hari atau minggu, dan Anda akan kembali melanjutkan aktivitas Anda. Namun bagi sebagian orang, melupakan kesedihan bukanlah hal yang mudah.

Apabila Anda mengalami periode kesedihan yang cukup lama, bisa jadi itu adalah tanda depresi.
 
Depresi memengaruhi setiap orang secara berbeda. Ini dapat terjadi karena alasan yang berbeda, mungkin menunjukkan gejala yang berbeda dan bahkan proses penyembuhannya mungkin benar-benar unik.

Advertisement

Dua orang mungkin memiliki alasan dan gejala depresi yang sama sekali berbeda. Berdasarkan penyebabnya, depresi bisa bermacam-macam jenisnya dan mungkin memiliki gejala yang bervariasi.
 
Melansir Times of India, Senin (30/8/2021), berikut adalah enam jenis depresi yang paling umum dan gejalanya.
 
1. Major Depressive Disorder (MDD)

Major Depressive Disorder (MDD)  juga dikenal sebagai depresi klinis adalah jenis gangguan yang paling umum. Terlepas dari peristiwa yang terjadi di sekitar mereka, orang yang menderita  kondisi ini mengalami gejala sepanjang hari. Mereka masih menderita depresi klinis, meskipun mereka mungkin memiliki pekerjaan yang bagus dan memiliki keluarga yang mencintai mereka. Terkadang orang bahkan tidak memiliki alasan yang jelas untuk merasa tertekan, tetapi bukan berarti perjuangan mereka tidak nyata.
 
Beberapa gejala depresi klinis adalah: Kurangnya minat pada aktivitas yang biasanya dinikmati, perubahan berat badan, perubahan pola tidur, kelelahan, perasaan tidak berharga dan bersalah, sulit berkonsentrasi, dan pikiran untuk mati dan bunuh diri.
 
2. Dysthymia atau Persistent Depressive Disorder (PDD)

Dysthymia atau Persistent Depressive Disorder (PDD) merupakan kasus depresi yang berlangsung selama lebih dari dua tahun. Ini adalah bentuk depresi yang lebih kronis. Kesedihan yang berkepanjangan dapat menyulitkan orang tersebut untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan bahkan membuat hubungan mereka dengan orang lain menjadi tegang.
 
Karena ini adalah depresi jangka panjang, gejalanya bisa menjadi parah seperti: Kesedihan atau keputusasaan yang mendalam, harga diri rendah atau perasaan tidak mampu, kurangnya minat pada sesuatu, perubahan nafsu makan, perubahan pola tidur atau energi rendah, masalah konsentrasi dan memori, serta penarikan sosial.
 
3. Postpartum Depression (PPD)

Kehamilan dapat menyebabkan perubahan hormonal besar dalam tubuh yang dapat mempengaruhi suasana hati wanita. Seorang wanita mungkin mulai merasa tertekan dengan awal kehamilan atau setelah kelahiran anak. Ini disebut sebagai depresi pascapersalinan. Kondisi ini sering dikacaukan dengan baby blues. Pada kenyataannya, mereka adalah dua kondisi yang berbeda dan depresi pascapersalinan lebih parah dan tahan lama.
 
Gejalanya mungkin termasuk: Suasana hati yang rendah, perasaan sedih, perubahan suasana hati yang parah, penarikan sosial, masalah ikatan dengan bayi, perubahan nafsu makan, merasa tidak berdaya dan putus asa, kecemasan dan serangan panik, pikiran menyakiti diri sendiri atau bayi Anda, serta pikiran untuk bunuh diri.
 
4. Manic depression atau bipolar disorder

Ini merupakan gangguan suasana hati yang ditandai dengan periode perubahan suasana hati yang tidak normal. Akan ada episode kesedihan yang diikuti oleh suasana hati yang meningkat secara tidak normal yang dikenal sebagai mania. Seseorang didiagnosis dengan gangguan bipolar jika ia mengalami episode mania yang berlangsung selama lebih dari tujuh hari setelah periode depresi.
 
Gejalanya mungkin termasuk: Perasaan sedih atau hampa, kekurangan energi, kelelahan, masalah tidur, energi tinggi, mudah marah, serta harga diri dan kepercayaan diri meningkat.
 
5. Atypical depression

Atypical depression disebut sebagai suatu kondisi yang sementara hilang sebagai respons terhadap peristiwa positif yang akan datang. Depresi semacam ini cukup umum. Tantangan utamanya adalah orang lain tidak menganggap Anda depresi karena Anda mungkin tidak terlihat sedih dan terlihat ceria di berbagai kesempatan.
 
Gejala depresi semacam itu mungkin termasuk: Makan berlebihan, penambahan berat badan, tidur berlebihan, kelelahan, kepekaan yang kuat terhadap penolakan, suasana hati yang sangat reaktif, citra tubuh yang buruk, serta berbagai macam rasa sakit dan nyeri.
 
6. Seasonal Affective Disorder (SAD)

Seasonal Affective Disorder (SAD) atau depresi musiman adalah gangguan yang berubah dengan pola musiman. Seseorang mungkin mengalami depresi di musim tertentu dan akan baik-baik saja di musim lainnya. Gangguan afektif musiman sebagian besar terjadi di bulan-bulan musim dingin dan gejalanya mungkin bertambah buruk seiring berjalannya musim. Setelah musim berlalu, orang tersebut akan kembali normal.
 
Gejalanya mungkin termasuk: Penarikan sosial, tidur berlebihan, penambahan berat badan, dan merasa sedih, putus asa, atau tidak berharga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.co

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement