Advertisement

Begini Aturan Makan yang Sehat dan Benar

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 20 April 2021 - 17:27 WIB
Bhekti Suryani
Begini Aturan Makan yang Sehat dan Benar Sayur dan buah - dummies.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Ada banyak nasihat di luar sana tentang jenis makanan apa yang harus Anda makan dan hindari. Nutrisi yang tepat membantu mencegah kanker, penyakit jantung, dan penyakit serius lainnya serta membantu seseorang menurunkan berat badan dan mengurangi berat badan ekstra yang tidak sehat.

Berikut, ada aturan teratas untuk makan sehat, yang terdiri dari saran ilmiah terbaik tentang memilih makanan untuk meningkatkan kesehatan, mencegah penyakit, dan mempertahankan atau menurunkan berat badan.

Advertisement

Berikut perinciannya seperti dilansir dari Boldsky :

1. Pastikan sarapan Anda tidak melebihi 300 kalori

Pastikan Anda mengikuti hitungan kalorinya. Untuk ini, Anda dapat memilih makanan dengan kalori lebih sedikit, seperti apel, gandum, sup, dan makanan kukus seperti idli atau puri yang dibuat tanpa minyak.

Sarapan Anda harus menyediakan setidaknya 10 gram protein, sedikit lemak dan serat yang sehat. Jika mengandung biji-bijian, pastikan untuk memiliki biji-bijian utuh dan bukan biji-bijian olahan. Anda dapat mengonsumsi telur, susu, quinoa, yogurt Yunani, kacang-kacangan, selai kacang, dll., Untuk protein sehat.

2. Aturan Makan Siang

Pastikan makan siang Anda tidak pernah melebihi 400-500 kalori. Apakah Anda makan roti atau sandwich bersama dengan salad, pertahankan kisaran kalori itu. Beberapa cara paling sederhana untuk mengurangi kalori dalam makanan Anda adalah melewatkan porsi kedua, menggunakan pengganti (mentega rendah kalori, dll.),

Menggunakan piring untuk makan siang, menghindari TV saat makan (membuat Anda makan lebih banyak). Makan siang Anda harus mengandung 50 persen sayuran. Jika Anda makan sayur dengan nasi, isi setengah piring Anda dengan sayuran saja.

3. Makan malam Anda tidak boleh melebihi 400 kalori

Makan makanan berat di malam hari tidak dianjurkan untuk gaya hidup yang kebanyakan kita ikuti. Aturan 6: Piring makan Anda juga harus mengandung 50 persen sayuran (tidak bertepung seperti lobak, wortel, sayuran berdaun, kubis, kubis Brussel, labu, mentimun, daun bawang, seledri, tomat, lada, jamur, brokoli, okra, terong, kembang kol, dll.), 25 persen protein dan biji-bijian.

4. Aturan Ngemil

Setiap kali ada jeda lebih dari 3 jam antara waktu makan utama Anda, Anda dapat menikmati camilan. Tapi itu tidak boleh melebihi 100 kalori. Anda dapat mengemil popcorn, buah-buahan, almond, smoothie buah, wortel dengan hummus, irisan apel dengan selai kacang, dll. Aturan 8: Pastikan bahwa makanan ringan Anda pun mengandung lemak, serat dan protein yang sehat untuk membuat Anda merasa kenyang dan mengurangi keinginan Anda. Tidak ada makanan olahan.

Anda dapat memanjakan diri Anda dengan makanan favorit Anda sekali sehari jika tidak di atas 100 kalori.

Jika Anda sangat ingin makan makanan olahan, Anda dapat memakannya (hanya) sebulan sekali tanpa merasa bersalah karenanya.

Beberapa tips lagi untuk makan sehat:

1. Jangan membuat diri Anda kelaparan untuk menurunkan berat badan, karena itu pasti akan menjadi bumerang, sehingga Anda terlalu banyak makan.

2. Lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda dikenal sebagai "lemak baik" karena baik untuk jantung, kolesterol, dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

3. Kurangi makanan olahan.

4. Batasi konsumsi natrium dan gula Anda.

5. Makan daging dan ikan secukupnya

6. Jangan makan sampai kenyang

7. Makan makanan yang memiliki umur simpan yang pendek

8. Beli organik jika memungkinkan

9. Masak lebih banyak dan makan lebih sedikit

10. Minumlah air dan jus segar, dan BUKAN soda dan minuman berenergi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Google Kembali Pecat Karyawan yang Protes Proyek Kerja Sama dengan Israel

News
| Jum'at, 19 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement