Advertisement

Tak Hanya Menyalurkan Hobi, Merawat Tanaman di Dalam Rumah Juga Punya Banyak Manfaat

Newswire
Senin, 13 Juli 2020 - 20:47 WIB
Nina Atmasari
 Tak Hanya Menyalurkan Hobi, Merawat Tanaman di Dalam Rumah Juga Punya Banyak Manfaat Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Pandemi Covid-19 memunculkan banyak kegiatan. Salah satunya berkebun. Akibat tuntutan karantina mandiri, banyak orang mencari kegiatan baru selama di rumah aja, salah satunya mengurus tanaman.

Bagi orang yang memiliki halaman, mungkin akan menanam berbagai jenis tanaman mulai dari bunga, buah, hingga sayuran. Tapi jika Anda tinggal di apartemen atau memang tidak memiliki halaman yang cukup, meletakan tanaman di dalam rumah juga bisa jadi pilihan.

Advertisement

Baca juga: Seorang Pria Alami Alergi Parah Akibat Hand Sanitizer

Anda bisa menentukan tanaman hias khusus ruangan atau bunga tertentu yang bisa sekaligus jadi pengharum ruangan alami. Dan tentunya menambah estetika di rumah Anda.

Bukan hanya itu, meletakan tanaman di dalam ruangan rumah ternyata ada manfaat lainnya lho. Seperti dikutip dari akun Instagram Kementerian Pertanian berikut.

1. Memperbaiki kualitas udara

Tanaman di dalam ruangan baik untuk meningkatkan kualitas udara. Senyawa yang dikeluarkan tanaman membantu melawan polutan di udara, sehingga udara lebih aman dan sehat untuk kita bernapas.

Baca juga: Lapar Bisa Pengaruhi Suasana Hati?

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem imun jita juga bisa meningkat dengan memelihara tanaman di dalam rumah. Senyawa yang keluar dari tanaman itu bisa membantu mengurangi stres. Ketika seseorang berkurang perasaan stresnya, maka ini bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuhnya.

3. Baik untuk kesehatan mental

Menurut penelitian dari Inggris, orang-orang yang tinggal di sekitar alam merasa lebih bahagia dibandingkan yang tidak. Tanaman juga melepaskan oksigen dan mengambil karbon dioksida. Sehingga udara dalam rumah jadi lebih baik bagi kita.

4. Meningkatkan kemampuan belajar

Tanaman membantu meningkatkan kemampuan belajar. Karena adanya tanaman di rumah juga bisa meningkatkan fokus dan pikiran yang jernih. Menurut beberapa penelitian, perhatian seseorang meningkat 70 persen karena adanya tanaman dalam ruangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement