Advertisement

Kenali Tanda-tanda Pria Pembohong

Mia Chitra Dinisari
Jum'at, 03 Juli 2020 - 11:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kenali Tanda-tanda Pria Pembohong Ilustrasi pria pembohong

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Sebuah hubungan bisa kandas jika ada kebohongan. Karena satu kebohongan bisa berlanjut pada kebohongan lainnya, dan membuat hilangnya kepercayaan dalam sebuah hubungan.

Pria umumnya lebih banyak berbohong pada pasangannya daripada sebaliknya. Dan biasanya, kebohongan pria ini bis dideteksi dari perilakunya yang tidak biasanya.

Advertisement

Jika Anda penasaran apakah pasangan Anda termasuk pembohong, berikut tanda-tandanya seperti dilansir Bolde.com mengutip Bisnis.com--jaringan Harianjogja.com:

1. Tanyakan pertanyaan yang Anda Sudah tahu jawabannya

Cara terbaik untuk menemukan pembohong adalah mengetahui bagaimana mereka mengatakan yang sebenarnya.

Tanyakan sesuatu hal yang sebenarnya sudah Anda ketahui kebenarannya. Jika dia berbohong, maka itu satu tanda yang harus diwaspadai.

2. Perhatikan matanya

Kontak mata langsung bukan hal yang bisa dihindari seseorang ketika dia tengah berbohong. Jika matanya melebar ke sisi ke sisi atau ke atas dan berusaha tidak bertatap mata  dengan Anda, itu petanda bahwa apa yang dia katakan mungkin tidak sepenuhnya benar.

3. Mempermainkan mulut

Satu penelitian yang dilakukan di UCLA menemukan bahwa pembohong cenderung mempermainkan mulut dan bibirnya seolah-olah mereka mencoba menahan kebenaran keluar dari mulutnya. Mereka benar-benar akan menutup mulut mereka. Kadangkala mereka juga gagap saat berbicara.

5. Lihat gesture tubuh

Cara klasik untuk mengetahui apakah seseorang berbohong adalah memperhatikan gesture tubuhnya. Apakah karena gelisah, gemetar kaki, atau tangan gemetar. Kegugupan ini dapat terjadi ketika seseorang yang umumnya orang yang jujur merasa tidak nyaman selama berbohong. Tentu saja, banyak orang gelisah sebagai kebiasaan atau karena kecemasan sosial, jadi itu mungkin bukan hal yang menentukan apakah dia berbohong atau tidak.

6. Meninggikan suara

Jika dia menjawab pertanyaan Anda dengan nada yang lebih tinggi dari biasanya atau bahkan menaikkan suaranya sehingga dia berbicara lebih keras, itu adalah jawaban yang jelas. Ketika pria berbohong dan ditekan, dia akan stres dan pada akhirnya akan meninggikan suaranya untuk menekan stresnya itu.

7. Menjawab pertanyaan dengan pertanyaan.

Taktik 'menjawab pertanyaan dengan pertanyaan' adalah salah satu trik tertua dalam buku pegangan pembohong. Jika seseorang berbohong, mereka mungkin bertanya balik kepada Anda.

8. Lama menjawab

Jika perlu lebih dari beberapa detik untuk menjawab pertanyaan Anda, dia tidak berusaha mengingat apa yang terjadi. Dia mencoba memikirkan cerita yang bagus untuk menceritakan apa yang sebenarnya terjadi.

9. Perhatikan tangannya

Dulu dikatakan bahwa seseorang yang menggunakan gerakan tangan tak beraturan ketika berbohong, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa sebenarnya tidak demikian. Orang-orang yang berbohong akan menggunakan tangan mereka lebih banyak setelah mereka selesai berbicara. Ini karena otak mereka tidak dapat memproses gerakan tangan, menutupi kebenaran, dan mengarang cerita yang Anda percayai pada saat bersamaan.

10. Memberi penjelasan terlalu banyak

Pembohong cenderung memperindah. Saat menceritakan kisah fiksi kepada seseorang, siapa yang tidak ingin menambahkan lebih banyak detail untuk membuatnya tampak lebih realistis? Jika Anda berbicara dengannya dan dia memberi tahu Anda setiap detail sampai ke jenis sandwich yang ia makan siang dan seberapa banyak ia memberi tip pada pelayan, ada sesuatu yang salah.

11. Diam

Di sisi lain, banyak orang yang sudah terbiasa berbohong dalam hidup mereka akan berpegang teguh pada saat menjawab pertanyaan. Agar kebohongan tidak terbongkar, maka mereka akan menggunakan jawaban satu kata. Taktik ini telah ditemukan digunakan oleh para tahanan dalam interogasi untuk menghindari tuduhan kriminal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement