Danantara Garap 26 Proyek Hilirisasi Senilai Rp225 Triliun
Danantara menggarap 26 proyek hilirisasi senilai Rp225 triliun yang diproyeksikan menyerap 37.833 tenaga kerja langsung.
Ilustrasi. /Freepik
Harianjogja.com, JAKARTA - Perempuan hamil sangat perlu menjaga kesehatannya, termasuk pola makannya. Perempuan hamil tidak disarankan untuk mengonsumsi kafein. Para peneliti manyatakan bahwa konsumsi kafein saat hami bisa meningkatkan risiko keguguran, lahir mati, berat lahir rendah, dan leukemia.
Melansir dari The Sun, konsumsi kafein saat hamil juga dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas di masa anak-anak. Sebelumnya, National Health Service Inggris (NHS) mengimbau bahwa 200mg kafein sehari atau setara dengan dua cangkir kopi instan tidak akan membahayakan.
Baca juga: Hasil Studi, Aerobik untuk Lansia Bermanfaat bagi Kesehatan Otak
Tetapi Profesor Jack James, dari Universitas Reykjavik Islandia, menyerukan agar nasihat imbauan NHS perlu direvisi. Dalam hal ini Profesor James menganalisis 48 penelitian sebelumnya dari dua dekade terakhir yang mengamati dampak kafein pada kehamilan.
Hasilnya menunjukkan bahwa kafein dengan jumlah berapapun berisiko membahayakan bayi, semakin banyak konsumsi maka risikonya juga semakin besar. Bahkan 200mg sehari tampaknya meningkatkan risiko keguguran hingga 28 persen dan lahir mati hingga 38 persen.
"Bukti saat ini tidak mendukung asumsi tentang tingkat aman konsumsi kafein pada ibu hamil," kata Professor James.
Baca juga: Tak Perlu Dibersihkan, Telinga Ternyata Membersihkan Sendiri
"Bukti ilmiah kumulatif mendukung saran bagi perempuan hamil dan mereka yang sedang merencanakan kehamilan untuk segera menghindari kafein," imbuhnya. Penemuan ini dipublikasikan di jurnal BMJ Evidence Based Medicine.
Kafein ditemukan secara alami di beberapa makanan dan minuman, seperti teh, kopi, dan cokelat. Tak hanya itu, kafein juga ditambahkan ke minuman berenergi, obat flu, dan berbagai minuman ringan.
"Temuan dari penelitian ini menambah bukti yang mendukung tentang asupan kafein selama kehamilan," kata dokter Daghni Rajasingham, dari Royal College of Obstetricians and Gynecologist. "Tetapi perempuan hamil tidak perlu sepenuhnya menghentikan kafein," imbuhnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Harian Jogja, dan edisi cetak versi elektronik kami hadir di Epaper Harian Jogja.
Sumber : Suara.com
Danantara menggarap 26 proyek hilirisasi senilai Rp225 triliun yang diproyeksikan menyerap 37.833 tenaga kerja langsung.
Dengan cakupan rute yang menjangkau wilayah Sleman hingga kawasan barat Kota Jogja, operasional Bus DAMRI Jogja–YIA diharapkan dapat mendukung mobilitas penumpa
Prakiraan cuaca DIY Rabu 12 Agustus 2026, mayoritas wilayah cerah. Kulonprogo perlu mewaspadai kabut atau asap yang berpotensi mengganggu jarak pandang.
Jadwal lengkap KA Prameks Jogja–Kutoarjo dan sebaliknya pada Agustus 2026 berdasarkan data resmi KAI Access.
PSIM Jogja hanya bisa mendaftarkan tiga pemain asing di League Cup 2026/2027 meski memiliki 11 legiun asing. Jean-Paul van Gastel siap mengandalkan pemain loka
Pembangunan Gerbang Tol Trihanggo Tol Jogja-Solo terus dikebut. Gerbang ini akan mengusung siluet Ratu Boko dan ornamen aksara Jawa.