Advertisement

Daya Beli Menurun, Begini Perubahan Tren Wisata dan Liburan di Indonesia

Mutiara Nabila
Jum'at, 25 Oktober 2024 - 21:07 WIB
Arief Junianto
Daya Beli Menurun, Begini Perubahan Tren Wisata dan Liburan di Indonesia Ilustrasi Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Daya beli masyarakat Indonesia yang tengah menurun ternyata turut mengubah tren perjalanan dan destinasi wisata.

Co-Founder Tiket.com, Gaery Undarsa mengungkapkan secara pertumbuhan, baik berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) maupun berdasarkan transaksi di Tiket.com, masih tercatat positif. "Menurut saya soal daya beli, sepertinya momentumnya masih sangat bagus Jadi di 2024 ini, baik itu wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara itu masih naik dan cukup signifikan dibandingkan tahun lalu," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (22/10/2024).

Advertisement

Dia juga mengungkap sering kali menyaksikan pesawat-pesawat terisi penuh, dan tingkat keterisian hotel-hotel juga masih cukup tinggi.

Namun, Gaery mengungkap bahwa memang terdapat perubahan pasa tren perjalanan dari sisi pilihan destinasi wisatanya. "Jadi kalau tahun lalu cukup banyak orang inginnya pergi liburan jauh-jauh misal dari Jakarta ke Jepang, bahkan ke Amerika, Australia gitu ya. Tapi, kalau sekarang kami perhatikan memang, sepertinya orang pilih yang lebih cepat, yang jaraknya lebih dekat," ungkapnya.

BACA JUGA: Media Sosial Membawa Andil dalam Tren Wisata

Beberapa destinasi favorit masyarakat Indonesia antara lain Malaysia, Bangkok, dan Singapura, menjadi primadona.

Sementara itu, Maria Risa Puspitasari, SVP of Brand Marketing Tiket.com, menambahkan, beberapa destinasi yang paling banyak dituju di dalam negeri antara lain Bali, Yogyakarta, Belitung, sampai Labuan Bajo. 

Kemudian, penerbangan dari Surabaya ke luar negeri seperti Surabaya ke Kuala Lumpur atau Singapura juga makin banyak dipesan. "Jadi yang ramai terbang ke luar juga nggak cuma dari Jakarta saja, tapi dari kota-kota lain juga yang ada di Indonesia ya," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Presiden Prabowo Dijadwalkan Hadir di KTT G20 Brasil

News
| Jum'at, 25 Oktober 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement