Advertisement

Honolulu Kota Paling Aman untuk Liburan Tahun 2024

Sirojul Khafid
Sabtu, 24 Agustus 2024 - 14:17 WIB
Sunartono
Honolulu Kota Paling Aman untuk Liburan Tahun 2024 Wisatawan Mancanegara / Ilustrasi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Honolulu di Hawai, menjadi kota paling aman untuk berlibur di tahun 2024. Berbagai aspek penunjang keamanan dan kenyamanan turis menjadi indikator dalam pengukuran ini.

Laporan tersebut merupakan survei dari Berkshire Hathaway Travel Protection, sebuah perusahaan asuransi perjalanan asal Amerika Serikat. Selama empat terakhir, mereka menilai keamanan tujuan wisata di kota-kota dunia. Honolulu meningkat cukup drastis, dari peringkat ke-12 tahun lalu menjadi peringkat pertama tahun 2024 ini.

Advertisement

Honolulu mendapat skor survei sebanyak 83,2. Hampir semua sektor seperti potensi kejahatan dan kekerasan, transportasi, hingga kesehatan, mendapat nilai yang tinggi. “Bahkan nilai terendahnya, untuk keselamatan bagi perempuan, wisatawan LGBTQ+, dan wisatawan kulit berwarna, Honolulu merupakan yang tertinggi di antara destinasi mana pun dalam kategori tersebut. Dengan kata lain, wisatawan yang disurvei berpendapat bahwa kota ini adalah destinasi yang benar-benar aman,” tulis dalam laporan tersebut.

Meski pada dasarnya tidak ada daerah yang sempurna. Wisatawan perlu mengantisipasi potensi kebakaran hutan di daerah tersebut. Banyak gunung berapi juga menjadi potensi munculnya bencana alam. Belum lagi kemungkinan bencana lain seperti topan, tsunami, hingga gempa Bumi.

Sementara pada posisi kedua untuk kota paling aman untuk berlibur tahun 2024 adalah Montreal, Kanada. Peringkat kota tersebut naik dari posisi 3 di tahun sebelumnya, menuju ke runner up pada tahun ini. Montreal dengan nilai survei 80,7 unggul terutama dalam keamanan dan keselamatan transportasi.

“Jika Anda pernah menaiki angkutan massal di Montreal, waktunya sangatlah akurat. Namun, apabila mengemudi secara pribadi, tidak akan senyaman angkutan transportasi massal,” tulisnya.

Hampir mirip dengan Honolulu, terdapat juga ancaman bencana alam di Montreal. Terutama lokasinya yang dekat dengan hutan, saat terjadi kebakaran, kepulan asap berpotensi mengganggu kualitas udara.

Dalam proses survei ini, Berkshire Hathaway Travel Protection menanyakan kepada responden yang benar-benar pernah berkunjung ke berbagai kota dunia. Mereka yang pernah tinggal cukup lama di suatu kota untuk berwisata, yang bisa memberikan peringkat pada survei ini.

Wisata Indonesia Semakin Cerah

Meski belum masuk dalam kota teraman untuk berlibur, peringkat Indonesia dalam daya saing wisata naik. World Economic Forum menempatkan Travel & Tourism Development Index (TTDI) Indonesia pada posisi ke-22 tahun 2024, dari tahun sebelumnya di peringkat ke-32.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan posisi TTDI Indonesia kembali melewati ranking dari Malaysia, Thailand, dan Vietnam. “Indonesia mampu mencapai peningkatan peringkat. Oleh karena itu, jangan pernah feeling inferior ke negara-negara lain tentang pariwisata Indonesia, karena kita sudah di posisi 22 besar dunia, jadi kalau kita di ranking dunia ada 119 negara, kita ini sudah papan atas,” kata Sandiaga, Selasa (21/5/2024).

Sandiaga menganggap data tersebut menunjukkan pariwisata Indonesia berhasil merangkak naik atau berhasil bangkit dengan menggunakan anggaran yang efektif dan efisien. Hasil ini dianggap bukti bahwa program dan kebijakan yang digulirkan oleh Kemenparekraf tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu, sehingga bisa berdampak langsung pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Pada akhirnya nanti, ekosistem pariwisata mampu menciptakan lapangan kerja dan mendorong pemulihan ekonomi.

“Walau dengan anggaran yang efisien, kita bisa berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi. Saya harapkan kita bisa mendorong terus semangat adaptasi, inovasi, dan kolaborasi ini,” katanya.

Menparekraf berharap prestasi ini bisa terus berlanjut di kepemimpinan yang akan datang. “Ini adalah estafet yang nanti kami serahkan kepada menteri yang baru, kemarin ini loncatannya sangat luar biasa, mudah-mudahan kita masih terus bisa memperbaiki peringkat kita,” kata Sandiaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Dukung Penambahan 2 Anggota DK PBB dari Afrika

News
| Jum'at, 13 September 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement