Advertisement

Matra Karya Festival 2024 Ingin Tegaskan Kekayaan Karya Seniman Indonesia

Galih Eko Kurniawan
Minggu, 21 Juli 2024 - 09:07 WIB
Galih Eko Kurniawan
Matra Karya Festival 2024 Ingin Tegaskan Kekayaan Karya Seniman Indonesia Kepala Dinas Kebudayaan DIY Dian Lakshmi Pratiwi membuka secara resmi pameran seni Matra Karya Festival 2024 di Taman Budaya Yogyakarta, Sabtu (20/7/2024). - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Matra Karya Festival hadir lagi pada 2024 ini dalam balutan tema Ritual untuk menegaskan kekayaan karya-karya kriya seniman Indonesia yang diwujudkan dalam bentuk dua maupun tiga 3 dimensi.

Selengkapnya pada tahun ini, Matra Kriya Festival yang hadir di Taman Budaya Yogyakarta selama 20 Juli sampai 25 Juli 2024 menghadirkan 46 karya seniman hasil kurasi dewan juri MKF 2024. Panitia juga mengundang 16 seniman Indonesia untuk terlibat menampilkan karyanya.

Advertisement

Sebanyak 13 perancang juga akan menampilkan karya dari hasil olah rasa dan karsanya dalam agenda peragaan busana. Agenda ini dijadwalkan berlangsung pada Senin-Selasa (22-23/7/2024) dan ada lomba peragaan busana pada Rabu (24/7/2024).

Ada pula enam jenama produk kreatif lokal yang mengisi bazar, empat komunitas seni kriya akan memberikan lokakarya gratis, temu wicara dengan berbagai tema seni diadakan yang menghadirkan enam pembicara kondang serta 10 komunitas seni pertunjukan akan mewarnai panggung pertunjukan dalam MKF 2024 ini.

Dalam pembukaan di TBY, Sabtu (20/7/2024), Ketua Panitia MKF 2024, Rosanto Bima, menuturkan tema Ritual juga sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan pada proses penciptaan karya yang dilakukan para seniman.


Karya Kriya

“Hal yang sering terlewatkan adalah proses jiwa dan raga seniman dalam menciptakan karya. Tidak ada wujud tanpa proses yang dilewati sebelumnya dan proses pasti dipengaruhi adat, tradisi dan budaya ruang lingkup serta kebiasaan seniman,” tuturnya, Sabtu.

MKF dinilai bisa menjadi ajang bagi seniman kriya menjadi pionir dan inspirasi karena kebaharuan karya bagi dunia karya seni. Festival ini dihadirkan untuk menjaring karya, bakat terbaik, sekaligus melihat pencapaian perkembangan seni kriya Indonesia.

MKF 2024 turut memberi kesempatan kepada masyarakat untuk bisa menjadi saksi atas pencapaian-pencapaian karya seni kriya Indonesia karena akan dihadirkan seni pertunjukan, lokakarya seni, temu wicara kriya, peragaan busana dan berbagai lomba-lomba menarik lainnya.

Manager Program MKF 2024 Ria Silviani menjelaskan berbagai program saat festival berlangsung adalah bagian dari penghargaan dan penghormatan atas proses yang dilewati komunitas seni, paguyuban kriya, sanggar atau kelompok masyarakat seni kriya.

Festival Seni Kriya yang diadakan setiap dua tahun sekali oleh Dinas Kebudayaan DIY ini menjadi ruang untuk mendukung terciptanya atmosfer dan ekosistem seni kriya di Indonesia. Disbud juga selalu ingin memastikan Dana Keistimewaan harus memiliki peran dalam perkembangan seni di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Wakil Ketua KPK Dapat Sanksi Sedang, Ini Alasan Dewan Pengawas

News
| Jum'at, 06 September 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kuliner: Daftar Kedai Burger Lokal di Jogja

Wisata
| Senin, 02 September 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement